Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang ABS di GSX-R Biasa, Ini Kisaran Harganya

Kompas.com - 01/11/2018, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran perangkat anti-lock braking system (ABS) pada Suzuki GSX-R150 mampu mendongkrak sisi keamanan saat berkendara. Tak heran banyak pemilik GSX biasa yang menanyakan apakah bisa mengaplikasi ABS pada model GSX-R biasa.

Menjawab pertanyaan tersebut, Sales Marketing 2W Departement Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya, mengatakan pemilik GSX-R sebelumnya bisa memasang ABS sebagai perangkat tambahan, tapi dengan kisaran harga yang tidak murah.

"Bisa-bisa saja meski sedikit susah, tadi dari komunitas juga sudah banyak yang menanyakan hal ini, tapi tentu ada harganya," kata Yohan kepada wartawan usai seremoni versi ABS di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Rabu (31/10/2018).

Baca juga: Pakai ABS, Suzuki GSX-R150 Dibanderol Rp 33 Juta

Menurut Yohan, untuk harga pembelian dan instalasi ABS, Suzuki belum melakukan perhitungan secara pasti. Namun bila berkaca dari harga pasaran ABS aftermarket, kisarannya bisa di rentang Rp 5 jutaan.

Suzuki GSX-R ABS meluncur di IMOS Suzuki GSX-R ABS meluncur di IMOS
Karena selain perangkat ABS-nya sendiri, ada beberapa komponen tambahan serta penyesuaian lain yang juga harus dilakukan agar sistem pengereman bekerja optimal.

"Persisnya harus kita hitung-hitung dulu, tapi kalau lihat harga ABS di luar (aftermarket) itu sekitar Rp 5 juta. Yah, nanti mungkin bisa di bawah atau di atasnya," ucap Yohan.

Seperti diketahui, Suzuki resmi meluncurkan GSX-R150 ABS pada hari pertama IMOS dibuka. Varian ABS ini pun langsung menjadi model tertinggi dikeluarga GSX-150 yang dipasarkan dengan harga Rp 33.150.000 on the road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com