Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Honda Tingkatkan Kualitas Mekanik

Kompas.com - 14/08/2018, 16:23 WIB
Aris F Harvenda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ajang adu kompetensi antar teknisi dan Service Advisor (SA) motor Honda kembali digelar Astra Honda Motor (AHM), di Bandung, Jawa Barat (13-14/8/2018).
 
Gelaran bertajuk Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC) 2018 ini merupakan salah satu upaya AHM beserta jaringannnya untuk selalu memberikan layanan servis terbaik bagi para konsumen.
 
Penyelenggaraan yang ke-25 kali ini banyak pengembangan yang dilakukan AHM untuk mempertajam kompetensi para teknisi dan juga SA.
 
 
“Tahun ini kami membuka kelas baru bagi teknisi Big Bike mengingat populasinya di Indonesia semakin bertambah. Kami ingin memastikan layanan purna jual kami berjalan terus meningkat sejalan dengan perkembangan pasar dan teknologi sepeda motor Honda saat ini,” ujar General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso, saat jumpa pers di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/8/2018).
 
Materi uji kompetensi
 
Uji kompetensi dirancang dengan mengacu pada implementasi injeksi PGM-FI Honda dan teknologi terbaru. Kalibrasi pengujian untuk teknisi meliputi teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada kendaraan. 
 
Sedangkan bagi para SA, mereka diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan. Materi baru yang ditambahkan AHM tahun ini adalah praktik dalam hal melayani konsumen.
 
 
Proses

Kompetisi digelar mulai 27-29 Juli 2018 dan diikuti oleh 19 orang teknisi Big Bike Honda dari 11 Big Wing dealer Honda di seluruh Indonesia untuk kelas baru yang dilombakan. 

Sedangkan kelas reguler telah dilakukan seleksi yang diikuti oleh 6.004 teknisi AHASS dan 1.694 SA yang disaring dari 19.502 teknisi Honda dan 1.795 SA dari seluruh Indonesia pada periode Januari - Juli 2018.

Setelah melalui tahapan seleksi regional yang ketat, terpilih 27 teknisi dan 27 SA terbaik dari 3.789 AHASS se-Indonesia yang siap berkompetisi di tingkat nasional pada 13-14 Agustus 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Honda Super Cub Asli Mahal, Versi KW Bisa Jadi Alternatif

Para pemenang baik teknisi AHASS, teknisi Big Bike dan SA mendapat hadiah 1 unit New Honda PCX. Selain itu berkesempatan mewakili Indonesia di ajang kompetisi teknik tingkat International, Asia Oceania Honda Technical Skill Contest 2018, yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Desember 2018.
 
Peringkat 2 di kompetisi ini mendapatkan 1 unit New Honda CB150 Verza dan juara 3 mendapatkan New Honda BeAT Sporty.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com