Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Mirage Baru Ganti Spesies “Crossover”

Kompas.com - 28/07/2018, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek berlambang tiga berlian, Mitsubishi, masih mempertahankan model city car mereka Mirage, meskipun tren pasar global permintaannya ke arah mobil-mobil bergaya SUV atau crossover.

Usia Mirage sudah menginjak tujuh tahun sejak diperkenalkan pertama di 2012. Tahun depan perusahaan Jepang tersebut disebut-sebut bakal meluncurkan versi barunya. Rumor yang beredar penerusnya akan muncul dengan rupa crossover.

Bakal ditempatkan di bawah Eclipse, Mirage nantinya akan diturunkan untuk menantang Hyundai Kona dan Peugeot 2008. Tak menutup kemungkinan, Mirage juga bakal bersaing dengan saudara-saudaranya di aliansi, seperti Nissan Juke dan Renault Captur generasi kedua.

Baca juga: Mitsubishi Masih Gantung Nasib Mirage

Mitsubishi Mirage hasil render.CARSCOOPS.com Mitsubishi Mirage hasil render.

Mirage juga disebut-sebut akan berbagi platform dengan Juke, sebagai salah satu kerjasama aliansi dengan Nissan dan Renault. Sebelumnya, kabar yang bergulir kalau basis yang dipakai miliknya Renault Clio.

Terkait dengan jantung pacu, dikatakan bakal memanfaatkan mesin bensin 0,9 liter dengan turbocharged, menghasilkan 95PS (94tk/74kW).

Mitsubishi tampaknya tidak siap untuk membuang mesin konvensional, dengan demikian, Mirage berikutnya mungkin masih punya pilihan mesin diesel empat silinder turbocharged 1.5L juga.

Bukan tidak mungkin, dengan perkembangan teknologi, Mitsubishi akan menawarkan powertrain listrik juga, meskipun publikasi tidak memberikan rincian tentang hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com