Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda PCX Listrik Pakai Baterai Panasonic

Kompas.com - 16/07/2018, 07:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd. dan Panasonic Corporation sepakat memulai kerjasama dalam pengembangan baterai untuk mobilitas listrik, termasuk sepeda motor listrik di Indonesia.

Kerjasama ini akan menghasilkan Honda Mobile Power Pack, berbentuk paket baterai yang bisa dilepas untuk berbagai penggunaan. Penelitian sendiri mau dimulai pada Desember 2018 di dua daerah, yaitu Bandung, Jawa Barat, dan Bali.

Ketika dimintai pendapat terkahir hal ini, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjelaskan bahwa kerjasama tersebut disesuaikan dengan produk yang akan diluncurkan akhir tahun 2018.

Baca juga: Honda PCX Listrik Diproduksi Akhir Tahun Ini

“Kita memang sudah rencanakan itu, untuk tahap awal kita siapkan buat PCX EV (listrik),” ujar Thomas akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Utara.

Thomas melanjutkan, bukan hanya untuk PCX listrik saja tetapi ke depan bisa juga buat model lain yang menggunakan baterai.

Honda PCX Electric di Tokyo Motor Show 2017Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Electric di Tokyo Motor Show 2017

"Jadi peran AHM dalam kerjasama ini untuk keperluan seperti itu di masa depan," ucap dia.

Konsep baterai ini menjadi salah satu jalan keluar, terutama untuk memudahkan konsumen di negara yang infrastruktur pengisiannya masih minim.

Model ini seperti konsep battery swap yang sudah berjalan di Taiwan oleh merek Gogoro.

Jadi pengguna motor listrik tak perlu lagi menunggu lama untuk mengisi baterai, tinggal tukar saja baterai yang kosong dengan yang terisi penuh. Sederhananya seperti membeli air galonan atau tabung gas 3kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com