Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Perdesaan Mulai Diproduksi Agustus 2018

Kompas.com - 06/07/2018, 07:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, mengunjungi pabrik perakitan Alat Mekanisme Multiguna Pedesaan (AMMDes), Kamis (5/7/2018). Dia berharap mobil perdesaan itu bisa diproduksi massal pada Agustus tahun ini.

Berdasarkan keterangan resmi yang dikiri oleh Astra Otoparts, Jumat (6/7/2018), Airlangga berpesan agar AMMDes mengoptimalkan tingkat kandungan komponen dalam negeri.

"Saat ini, industri dalam negeri telah mempu memproduksi 185 jenis komponen atau 70 persen dari seluruh komponen yang dipakai di AMMDes," kata Airlangga.

Baca juga: Mobil Perdesaan Meluncur di GIIAS, TKDN 70 Persen

Perkembangan produksi, sekarang sudah masuk dalam tahap finalisasi prototipe dan setelah selesai langsung diuji coba, sebelum masuk perakitan massal.

Kehadiran Airlangga disambut oleh direksi dari Astra Otoparts seperti, Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen. Keduanya juga saling berbincang usai melakukan kunjungan pabrik.

Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes.

Selain itu dihadiri juga oleh Presiden Direktur PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto, Direktur PT Astra International Tbk Gidion Hasan, dan Wakil Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) Agus Baskoro.

Airlangga juga pernah mengatakan, selain bakal berdampak positif untuk ekonomi perdesaan, AMMDes akan membuka peluang untuk industri nasional menguasai riset dan pengembangan pada bagian rancang bangun dan desain otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com