Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara ASEAN Setir Kanan Jadi Target Ekspor Wuling Indonesia

Kompas.com - 09/05/2018, 17:30 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Cikarang, KOMPAS.com - PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia berencana ingin mengekspor produknya ke negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), tepatnya negara-negara yang mengadopsi kemudi di sebelah kanan.

Meski belum memastikan waktu maupun nama negara tujuan, Brand Manager SGMW Motor Indonesia Dian Asmahani menyatakan ekspor produk ke negara ASEAN merupakan target keberlanjutan dari Wuling Indonesia.

Baca juga : Ekspor Jadi Target Jangka Panjang Wuling

"Dan yang potensial tentu negara-negara ASEAN yang setir kanan. Tapi ke negara mana masih kita study," kata Dian saat ditemui di Cikarang, Rabu (95/2018).

Peta negara ASEAN dengan posisi setir kemudi. Warna kuning mengacu pada negara-negara yang menerapkan setir kanan. Sedangkan hijau menerapkan setir kiri.www.worldstandars.eu Peta negara ASEAN dengan posisi setir kemudi. Warna kuning mengacu pada negara-negara yang menerapkan setir kanan. Sedangkan hijau menerapkan setir kiri.

Wuling merupakan produsen otomotif roda empat yang berasal dari China. Menurut Dian, Indonesia merupakan negara pertama yang jadi lokasi pabrik Wuling di luar China.

Guna mengikuti jejak perusahaan induk, Dian menyatakan Wuling Indonesia juga tengah berencana mengekspor produk ke negara lain.

ASEAN dianggap pasar potensial karena belum ada produk Wuling China yang dieksor ke wilayah ini.

Baca juga : Daftar Negara ASEAN dengan Setir Kanan dan Setir Kiri

"Kalau ke India sih sudah ada. Untuk yang India yang memasok langsung dari China," ucap Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com