Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Klaim Ganjil-Genap Efektif Urai Kemacetan di Jakarta

Kompas.com - 03/05/2018, 15:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu penerapan kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor ganjil-genap di DKI Jakarta diubah menjadi mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Selama masa uji coba hingga 4 Mei 2018, diklaim berhasil mengurai kemacetan di Ibu Kota.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (3/5/2018).

"Tingkat kemacetan selama masa uji coba menurun mulai dari 30 persen hingga 40 persen," kata Yusuf.

Selama masa sosialisasi yang dimulai pada 23 April 2018, sudah 200 pengendara yang ditegur akibat melanggar aturan tersebut. Tindakan tilang baru dimulai setelah 4 Mei 2018, karena selama masa ujicoba polisi hanya melakukan teguran saja.

Baca juga: Ganjil-Genap di Jakarta Dimajukan Pukul 06.00

"Saya rasa ini efektif, karena mau tidak mau orang akan berangkat lebih pagi lagi untuk mencapai tujuan," ucap dia.

Kebijakan itu berlaku di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalam Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Gatot Subroto (persimpangan Jalan HR Rasuna Said sampai Gerbang Pemuda) dari Senin sampai Jumat.

Selain pagi, aturan ini juga diberlakukan pada sore hari, yaitu mulai pukul 16.00-20.00 WIB. Kebijakan itu tidak berlaku pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com