Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli Mobkas Asal Daerah Biasa Tunai Tanpa Bank

Kompas.com - 02/04/2018, 17:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Meski pembelian mobil bekas (mobkas) sudah bisa memilih opsi kredit, tapi ada juga konsumen yang mau tunai. Bahkan ada yang membawa uangnya langsung ke cabang, tanpa lewat bank.

Pihak perusahaan mobkas mobil88 mengatakan, kalau konsumen yang membeli tunai ada sebanyak 35 persen sampai 40 persen dari seluruh transaksi. Bayu Januar Head of Operation Development mobil88 menyebut, kalau kebanyakan masih di luar wilayah Jabodetabek.

“Pembelian tunai itu kontribusinya dari 35 persen sama 40 persen, sementara sisanya kredit, kita memang bermain di kredit itu juga. Wilayahnya seperti di daerah medan, atau sekitarnya, Surabaya dan lainnya,” kata Bayu kepada Kompas.com, Rabu (28/3/2018).

Baca juga : Mobil Masih Kedit Bisa ?Trade-in? di mobil88

Sales mobil88 sedang memproses calon pembeli yang datang di acara Weekend Surprise Mobil88 di Senayan, Minggu (7/6/2015)Ghulam Muhammad Nayazri/Otomania Sales mobil88 sedang memproses calon pembeli yang datang di acara Weekend Surprise Mobil88 di Senayan, Minggu (7/6/2015)

Bayu mengatakan, pembeli mobkas di mobil88 tak sedikit juga yang membawa seluruh uang pembayarannya langsung ke cabang. Bukan hanya perlu effort lebih untuk menghitung lagi uangnya, tapi ini sebenarnya juga berbahaya untuk konsumen.

“Jadi konsumen itu mereka membawa Rp 100 juta- Rp 200 juta cash, dan pegawai mobil88 yang menerima juga khawatir, aduh ini gimana ini,” ucap Bayu.

“Kami tentu harus kita hitung dahulu uangnya, sebenarnya juga bahaya buat konsumen. Jadi kalau memang masih di jam-jam operasional bank, kami akan ajak langsung ke bank, untuk dihitung dan disetor bersama,” ucap Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com