Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trail Merek Lokal Tawarkan Harga Miring

Kompas.com - 21/03/2018, 16:36 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Pasaran sepeda motor trail di Indonesia sampai saat ini mungkin masih menjadi dominasi Kawasaki lewat KLX Series-nya. Dominasi itu kemudian coba diganggu Honda yang belum lama ini meluncurkan CRF150L.

Selain KLX dan CRF, sebenarnya masih ada produk trail lainnya yang kini beredar di pasaran Tanah Air. Namanya adalah Hummer, buatan Gazgas.

Gazgas adalah produsen sepeda motor lokal yang berbasis di Banyu Urip, Surabaya. Gazgas diketahui sudah mendesain, merakit dan mendistribusikan berbagai jenis motor trail, mini moto dan special engine sejak tahun 2013.

Hummer produksi Gazgas diketahui terdiri atas tiga model, masing-masing Hummer 150 yang dijual dengan harga Rp 20,5 juta; Hummer Pro 250 dengan Rp 26 juta; dan Hummer Pro 250 X juga dengan Rp 26 juta. Itu merupakan harga off the road untuk wilayah Jawa. Harga yang ditawarkan itu relatif jauh lebih murah dari CRF maupun KLX.

Baca juga : KLX 150 Masih Terlalu Kuat buat Disalip CRF150L

Sepeda motor trail Hummer Pro 250 buatan produsen lokal, Gazgas IndonesiaGazgas Indonesia Sepeda motor trail Hummer Pro 250 buatan produsen lokal, Gazgas Indonesia

Belum banyak informasi teknis yang bisa disampaikan mengenai Hummer. Namun yang pasti, pendistribusian motor produksi Gazgas tercatat sudah tersebar di hampir semua wilayah Indonesia, bahkan hingga Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, motor Gazgas didistribusikan di beberapa toko aksesori motor, salah satunya di Mr Classic yang berlokasi Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Di tempat yang menjual aksesori motor retro ini, dijual beberapa motor merek Gazgas, tak terkecuali Hummer.

Penanggung jawab toko Mr Classic, Jeremia Manafe mengatakan Hummer adalah trail dengan sistem pembakaran karburator. "Untuk yang trail, saat ini di tempat kita ada satu unit Hummer 150," ujar Jeremia kepada Kompas.com, Rabu (21/3/2018).

Baca juga : Kenalkan Gazelo, C70 Generasi Terbaru Buatan Lokal

Selain Hummer, Gazgas juga punya produk lainnya untuk segmen special engine, mini trail, mini moto hingga motor klasik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com