Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Cross, GO dan GO+ Pakai CVT Juga?

Kompas.com - 09/03/2018, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Transmisi otomatis pertama buat Datsun Indonesia, berupa CVT, bukan datang untuk produk Low Cost Green Car (LCGC), GO dan GO+, melainkan hadir pada model ketiga, Cross. Pertanyaannya, apakah GO dan GO+ juga bakal diberi pilihan CVT?

“Itu pertanyaan bagus. (Jawabannya) Mungkin,” kata Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co., Ltd, saat ditanya soal itu di Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

Rasa penasaran tentang GO dan GO+ dengan sistem mengemudi dua pedal wajar, pasalnya hanya kedua model itu yang belum punya transmisi otomatis di antara sembilan produk LCGC. Merek lain sudah menyediakan, mulai dari A/T konvensional 4-percepatan, CVT, bahkan ada yang berusaha realistis dengan AMT (Automated Manual Transmission).

Pengujian fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) pada Datsun Cross.KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Pengujian fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) pada Datsun Cross.

Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Selain punya transmisi manual 5-percepatan, Cross juga ditawarkan dengan CVT.Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Selain punya transmisi manual 5-percepatan, Cross juga ditawarkan dengan CVT.

Baca: Mengenal CVT Datsun Cross, Ada Mode Sport

“Jika konsumen mau CVT (pada GO dan GO+) di Indonesia tentu kami bisa menyediakannya.,” ucap Kawai. Menurut Kawai, Nissan punya banyak teknologi yang bisa disesuaikan untuk konsumen Datsun di Indonesia.

“Sejauh ini kami tidak punya rencana untuk pasar Indonesia (transmisi otomatis GO dan GO+), tapi saya tahu pasar Indonesia sedang berubah dramatis. Konsumen mau sistem dua pedal. Tentu saja kami harus mengikuti kebutuhan konsumen Indonesia dan kami menyediakan CVT untuk Indonesia (pada Cross),” ucap Kawai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com