Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Satria Paling Banyak Diekspor

Kompas.com - 08/03/2018, 17:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2 wheels (2W) ikut menorehkan hasil positif di pasar ekspor sepeda motor pada 2017. Pencapaian tahun lalu, diklaim terbesar selama enam tahun terakhir dengan pendapatan mencapai Rp 1,5 triliun.

Ekspor motor Suzuki terbagi menjadi dua, yaitu secara utuh (completely built up/CBU) dan terutai (completely knock down/CKD) ke berbagai negara di dunia.

"Pencapaian tahun lalu tertinggi buat kami, kontribusi terbesar produk ekspor, yaitu Satria sekitar 35.640 unit," kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Departement Head PT SIS 2W di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (7/2/2018) malam.

Ekspor motor Suzuki tahun lalu meningkat 6,1 persen atau menjadi 113.185 unit dari 106.604 pada 2016. Satria dengan hasil itu, meningkat 13,7 persen, sedangkan GSX-Series juga menyumbangkan sekitar 16.147 unit.

Baca juga: Detail Ubahan Paras Satria F150 Terbaru

"Bukan hanya produk, tetapi berdampak baik buat ekspor suku cadang yang tumbuh 86,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Yohan.

Sementara itu, tujuan ekspor motor Suzuki menyasar pada 35 negara, seperti delapan di Asia, dua di Oseania, 18 Eropa, empat di Amerika Selatan, dan tiga di Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com