Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pakar “Safety Driving”, Soal Kecelakaan Cynthia Ramlan

Kompas.com - 02/03/2018, 17:40 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Adik dari aktris Olla Ramlan, Cynthia Ramlan, terekam video mengalami kecelakaan di lokasi shooting, ketika sedang mengambil potongan adegan. Tubuh mantan istri Vicky Nitinegoro itu hampir tergilas mobil Toyota Etios.

Jusri Pulubuhu, Training Director dan Owner Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) angkat bicara soal kejadian tersebut. Sebagai seorang yang sangat concern dengan keselamatan berkendara, menyesalkan kejadian tersebut.

“Ini adalah bentuk dari sebuah kelalaian, itu patut diduga kalau sebuah adegan yang akan dilakukan tidak memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas, terutama dalam pengoperasian kendaraaan untuk mengakomodir kegiatan shooting, sehingga si driver asal jalan saja atas dasar perintah sutradara,” ujar Jusri kepada Kompas.com, Jumat (2/3/2018).

Baca juga : Kepala Adik Olla Ramlan Nyaris Terlindas Mobil

“Mungkin juga penjelasan adegannya hanya sekedar saja, berasumsi kalau driver sudah paham, ternyata terjadi kecelakaan sedemikian rupa. Sangat mengerikan,” kata Jusri.

Harusnya, kata Jusri, dalam sebuah kegiatan yang berbahaya perlu memiliki SOP yang mencakup prosedur safety, seperti melakukan gladiresik atau mengulang-ulang adegan (percobaan), sebelum menempatkan manusia pada scene sebenarnya. Jangan langsung dibuat, atau secara spontan.

“Apakah harus profesional yang mengendarai mobilnya, tidak juga, tapi yang pasti adalah prosedur itu ada. Apalagi ini merupakan kegiatan berkelompok, jadi perlu SOP tersebut dan harus ada istilahnya gladiresik atau percobaan. Tentu agar semua berjalan mulus,” ujar Jusri.

Terkait dengan kondisi Cynthia saat ini, seperti yang diinformasikan oleh Olla dalam akun instagramnya, adiknya tidak mengalami cedera parah, seperti patah tulang atau apapun, hanya memar dan luka-luka saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com