Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Indonesia Lebih Doyan Jual Mobil Matik

Kompas.com - 02/03/2018, 13:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - General Motors (GM) Indonesia tercatat memiliki enam model Chevrolet yang dijual di Indonesia. Dari keenamnya, tercatat hanya Colorado yang memiliki pilihan transmisi manual. Namun tidak demikian dengan lima produk lainnya.

Dari lima produk lainnya, tercatat ada beberapa yang menawaran dua varian kepada konsumen, yakni LT dan Premier/LTZ. Namun perbedaan LT dan Premier/LTZ hanya ada pada kelengkapan fitur. Kedua varian tetap bertransmisi matik dan tidak ada pilihan manual.

External Affairs and Communication Director GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono menyatakan nyaris tidak adanya pilihan mobil manual di line-up Chevrolet mengikuti selera konsumen. Menurut Yuniadi, sebagian besar konsumen Chevrolet adalah masyarakat di kota-kota besar yang lebih menyukai mobil matik.

Baca juga : Panduan Membeli Mobil Jenis SUV di Perkotaan

"Pasar terbesar kami ada di kota-kota besar yang konsumennya membutuhkan kendaraan transmisi otomotis. Jadi kita melihat porsi terbesarnya saja. Pada saat mereka menginginkan otomatis tidak kita tawarkan yang manual," kata Yuniadi di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Pesanan terus berdatangan dari jaringan pemasaran CHevrolet di AS.GM/Netcarshow Pesanan terus berdatangan dari jaringan pemasaran CHevrolet di AS.

Lima produk Chevrolet yang tidak menawarkan pilihan transmisi manual adalah jenis mobil kota (city car), multi purpose vehicle (MPV) dan sporty utility vehicle (SUV). Ketiga jenis mobil ini memang paling digemari masyarakat di perkotaan.

Berbeda halnya dengan Colorado yang berjenis pikap truk. Menurut Yuniadi, Colorado biasanya dibeli untuk kendaraan operasional bisnis ataupun digunakan di area perkebunan dan pertambangan. Karena itu hanya Colorado yang masih diberi pilihan transmisi manual.

Baca juga : Sistem Gerak Semua Roda Wajib untuk Mobil Perkebunan

"Karena kalau untuk di area perkebunan dan pertambangan, kendaraan operasional yang digunakan harus andal melalui medan-medan berat," ujar Yuniadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com