Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Malaysia “Tembus” Kelas Utama MotoGP

Kompas.com - 22/02/2018, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Kuala Lumpur, KOMPAS.com – Pebalap asal Malaysia Hafizh Syahrin berhasil menembus kelas premier MotoGP membela tim Yamaha Tech 3 musim 2018. Artinya, ia bakal berada satu trek dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez, bahkan mendampingi rekan satu tim Johann Zarco.

Pasca-hasil yang mengesankan pada tes pra musim di Thailand, tim satelit tersebut akhirnya mengontrak penuh Syahrin untuk musim 2018. Dirinya merupakan orang pertama Malaysia yang berhasil mencapai prestasi tersebut. 

Memulai karir balapnya pada usia 13 tahun pada balapan Cub Prix, Hafizh berhasil berada di posisi kedua Yamaha LC135 Cup. Konsisten menggeluti oleharaga balap roda dua Syahrin pada 2017 lalu, berhasil memperoleh posisi terbaiknya di tempat ke-10 Moto2.

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa Hafizh Syahrin akan menjadi pebalap kedua Monster Yamaha Tech3 bersama Johann Zarco. Ini adalah saat yang sulit sejak kami mendengar kabar dari Jonas Folger, di mana dia memutuskan untuk tidak balapan pada 2018, demi menjaga kesehatannya dan mencoba pulih sepenuhnya,” ujar Herve Poncharal, Team Manager Yamaha Tech 3 mengutip MotoGP.com, Rabu (21/2/2018).

Hafizh Syahrin pebalap asal Malaysia resmi bergabung dengan Yamaha Tech 3 MotoGP.MOTORSPORT,com Hafizh Syahrin pebalap asal Malaysia resmi bergabung dengan Yamaha Tech 3 MotoGP.

“Kami harus meyakinkan semua orang bahwa Hafizh akan menjadi pembalap MotoGP yang bagus. Karena itu, kami harus memberinya tugas berat selama tiga hari pengujian di Buriram. Pada akhirnya, dia melakukan pekerjaan yang luar biasa, dia memenuhi misinya,” kata Poncharal.

Razlan Razali, Sepang International Circuit Chief Executive Officer turut mengungkapkan kebanggaannya. Dirinya menyebut ini pencapaian terbesar bagi pebalap Malaysia setelah lebih dari 26 tahun menjadi tuan rumah MotoGP. Ini juga merupakan berita fantastis bagi kawasan Asia.

“Kami sekarang akan menyerahkan Hafizh kepada Hervé Poncharal untuk merawatnya, agar bisa dikembangkan menjadi pengendara MotoGP yang lebih baik, kompetitif dan lengkap," kata Razali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com