Test Drive BMW X2 dan Menanti Daya Tariknya Merebak di Indonesia - Kompas.com
Laporan langsung dari Lisbon, Portugal

Test Drive BMW X2 dan Menanti Daya Tariknya Merebak di Indonesia

Kompas.com - 05/02/2018, 14:39 WIB
Desain BMW X2 punya daya pikat yang kuat bagi pecinta SUV modernFabian Kircbauer Desain BMW X2 punya daya pikat yang kuat bagi pecinta SUV modern

Lisbon, Kompas.com - Setiap pengalaman pertama, tubuh dan keseluruhan jiwa kita secara alamiah merespons dengan pola yang kurang lebih sama. Perasaan berdebar-debar selalu hinggap di antara beragam perasaan lainnya.

Hal yang sama terjadi ketika awak Kompas.com diberi kesempatan pertama kali bersua dengan BMW X2 di Village Underground, Lisbon, Portugal, Jumat (26/01/2017). Perasaan yang hadir mirip seperti saat secara diam-diam hendak menjumpai kekasih yang sudah lama tidak bertemu. Ada perasaan berdebar-debar yang menyebar.

Cuaca Lisbon Sabtu pagi (27/01/2019) sangat mendukung. Meskipun dingin dengan suhu sekitar 5-15 derajat Celsius dengan angin kencang, matahari masih murah hati dengan sinarnya di sepanjang perjalanan menembus kota, menjelajahi perkebunan warga, dan menyusuri Samudera Atlantik.

Sosok gagah BMW X2 siap meramaikan pasar Indonesia di 2018Fabian Kircbauer Sosok gagah BMW X2 siap meramaikan pasar Indonesia di 2018

DNA coupe

Desain eksterior yang distinctive dan tampilan yang lebih rendah layaknya coupe, tidak membuat BMW X2 kekurangan ruang di dalam. Kami bertiga yang mengisi ruang kemudi, kursi depan dan kursi belakang duduk dengan nyaman layaknya dalam sebuah sarang dengan perasaan lega.

[Baca juga : Dari Village Underground di Lisbon, The New BMW X2 Melaju]

Keluasan pandangan dari dalam tidak terhalang meskipun dari luar desain BMW X2 menyisakan ruang yang sempit untuk kaca.

Platform BMW X2 sama dengan X1 begitu pula dengan jarak sumbu roda depan belakang (wheelbase). Namun, secara dimensi, X2 lebih pendek 20 mm dan lebih rendah 70 mm dibandingkan X1.

Logo BMW di pilar C menghadirkan detail yang terinspirasi dari BMW coupe klasik.Kompas.com - Wisnu Nugroho Logo BMW di pilar C menghadirkan detail yang terinspirasi dari BMW coupe klasik.

Perbedaan dimensi dan desain pilar C yang melandai memberikan kesan coupe pada BMW X2. Kian tegas dengan pemasangan logo kembar di sisi kiri dan kanan pilar C. Logo ini mengingatkan kita pada BMW coupe klasik seperti 2000CS dan 3.0 CSL.

Penjelajah dinamis

Begitu mesin dinyalakan, BMW X2 M Sport X bermesin diesel yang kami gunakan untuk test drive seperti hendak segera mengajak menjelajah.

[Baca juga : Ini Sosok "Pemberontak" dari Keluarga BMW]

Bagi kami yang biasa menyetir di kanan, perlu penyesuaian beberapa menit di situasi riil untuk terbiasa menyetir di kiri. Ini terjadi karena situasi dan logika setir kanan dan setir kiri seperti berlawanan.

Ruang kemudi BMW X2 M Sport yang memanjakan pengendara dengan beragam fitur seperti head up display, intelligent voice control, iDrive dengan layar sentuh 8,8 inci.Kompas.com - Wisnu Nugroho Ruang kemudi BMW X2 M Sport yang memanjakan pengendara dengan beragam fitur seperti head up display, intelligent voice control, iDrive dengan layar sentuh 8,8 inci.

Saat melintasi kota Lisbon yang berliku dengan tanjakan dan turunan pendek serta jalan tidak rata karena susunan-susunan batu, BMW X2 dengan suspensi M Sport dan ring ban 20 inci lincah dan mampu meredam dinamika jalan dan beragam goncangan.

Di jalan bebas hambatan menuju pesisir Samudera Atlantik tenaga dari mesin xDrive20d berdaya 190 tk sangat responsif. Perubahan batas kecepatan mudah dikenali dengan lewat informasi dari full color Head-Up Display.

BMW X2 mampu berinteraksi di 2 alam, aspal dan offroadFabian Kircbauer BMW X2 mampu berinteraksi di 2 alam, aspal dan offroad
Dikendarai dengan kecepatan 80 kpj saat menikung di jalan-jalan perdesaan yang lengang, gerakan setir sangat persisi. Penumpang depan dan belakang tetap bisa menikmati perjalanan tanpa perasaan khawatir atau mual karena kelincahan dan keliatan ini.

[Baca juga : Ini Detail Pesona BMW X2 M Sport]

Interior BMW X2 memberikan kesan mewah dan nyaman ditempatiFabian Kirchbauer Interior BMW X2 memberikan kesan mewah dan nyaman ditempati
Pengemudi dan juga penumpang tidak akan kecewa ketika mengharapkan pengalaman prima saat menaiki BMW X2. Hal ini tentu saja didukung kenyamanan tempat duduk kulit kombinasi Alcantara atau Micro Hexagon.

BMW X2 juga menyediakan teknologi mutakhir saat sistem bantuan mengemudi dibutuhkan. Traffic Jam Assistant misalnya, memudahkan pengemudi mengatur jarak dengan kendaraan di depan saat macet tanpa kelelahan.

BMW berikan X2 pilihan tipe mesin yaitu diesel dan bensin yang sama-sama bertenagaFabian Kircbauer BMW berikan X2 pilihan tipe mesin yaitu diesel dan bensin yang sama-sama bertenaga
Sistem merupakan bagian dari Driving Assistant Plus yang bisa dipilih dan bekerja dengan dasar kamera atau sensor yang membantu pengemudi. Bantuan ini beberapa kali dicoba dan sangat membantu pengemudi, juga ketika antre saat jalanan menanjak atau turun.

Opsi bantuan

Untuk berkendara di Indonesia, sejumlah opsi bantuan bagi pengemudi yang disediakan di BMW X2 M Sport X ini sangat memanjakan.

Keluhan kelelahan di jalan karena macet yang tidak bisa dihindarkan akan turun frekuensinya karena bantuan ini. Saat macet, orang masih bisa tersenyum di balik setir BMW X2 Magma Red dari kulit Dakota berpori.

BMW X2 mengadopsi DNA model coupeFabian Kirchbauer BMW X2 mengadopsi DNA model coupe

Hal ini juga kami alami saat menjelajah Portugal selama sekitar tujuh jam perjalanan, dengan jeda istirahat makan siang dan foto-foto di sepanjang jalan, dan terutama di pesisir Samudera Atlantik dengan pemandangan ombaknya yang bisa mencapai belasan meter.

Kembali ke hotel tempat kami memulai test drive BMW X2 M Sport X menjelang petang, kami masih ceria. Kelelahan yang mungkin ada teredam karena pengalaman mengendarai BMW X2 yang menggembirakan.

Saat kami berhenti, ragam kekaguman orang di jalan dan pertanyaan kerap terlontar terutama bagi yang pertama kali melihat BMW X2. Hal tersebut cukup menjadi beberapa bukti kendaraan ini layak dinanti untuk dimiliki dan dikendarai.

BMW X2 xDrive20d M Sport mengadopsi mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga 190 tk.Kompas.com - Wisnu Nugroho BMW X2 xDrive20d M Sport mengadopsi mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga 190 tk.

Pasar Indonesia

Meskipun konsumen di Eropa bisa membeli BMW X2 pada Maret 2018, perlu waktu lebih lama bagi konsumen di Indonesia untuk memiliki SUV mewah tersebut.

Kendati diperkirakan hadir di Indonesia tahun 2018, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania belum bisa memastikan kapan pastinya serta harganya.

[Baca juga : BMW X2 Rilis di Tengah Kesuksesan Seri X]

BMW X2 cocok untuk jiwa muda yang dinamis dan sportyFabian Kirchbauer BMW X2 cocok untuk jiwa muda yang dinamis dan sporty
Akankah BMW X2 menjadi pelanjut sukses BMW seri X dan akan memuncaki penjualan BMW seri X? Banyak faktor akan menjadi penentunya. Harga salah satunya karena dipastikan akan lebih mahal dari BMW X1.

Namun, dengan semua keunggulan dan melekat di BMW X2 dan komentar mereka yang mencoba dan melihat untuk pertama kali, rekor baru bukan hal mustahil untuk diraih.

Desain belakang BMW X2 M Sport tampil menawan dengan kehadiran spoiler, lampu belakang model L-shaped yang ramping, dan knalpot kembar.Kompas.com - Wisnu Nugroho Desain belakang BMW X2 M Sport tampil menawan dengan kehadiran spoiler, lampu belakang model L-shaped yang ramping, dan knalpot kembar.

Selamat menanti daya tarik dan dinamisnya The New BMW X2 melintasi jalan-jalan di Indonesia.

EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X