Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Cadillac Soekarno Hingga Oplet Si Doel Konvoi Bersama

Kompas.com - 21/01/2018, 16:35 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Bogor, Kompas.com - Puluhan mobil lawas tampak berkonvoi melintas di Jalan Tol Jagorawi pada Minggu (21/1/2018) pagi. Mobil-mobil lawas yang terlibat dalam iring-iringan tersebut terlihat dari berbagai jenis, dari mulai Morris Mini, Mercedes Benz 200, VW Beetle, Ford Mustang, Cadillac Limo hingga Morris Minor.

Khusus dua nama yang terakhir, Cadillac yang ikut dalam rombongan diketahui merupakan versi Limo Presidential yang diproduksi tahun 1964. Mobil berwarna hitam dan memiliki panjang sekitar 6 meter tersebut diketahui merupakan mobil dinas terakhir yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Soekarno.

Baca juga : Avanza di Antara Romantisme Soekarno dan Zaman Kolonial

Morris Minor Traveler 100 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang ikut serta dalam konvoi ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Morris Minor 100 Traveler adalah mobil yang pernah digunakan sebagai oplet di Jakarta pada era tahun 1950-an. Kompas.com/Alsadad Rudi Morris Minor Traveler 100 milik salah seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang ikut serta dalam konvoi ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Morris Minor 100 Traveler adalah mobil yang pernah digunakan sebagai oplet di Jakarta pada era tahun 1950-an.

Sementara itu, Morris yang digunakan adalah tipe Minor 1000 Traveler. Morris Minor 1000 Traveler adalah mobil lawas buatan Inggris yang pernah jadi oplet di Jakarta. Model dari mobil yang diproduksi tahun 1957 ini sama persis dengan oplet yang pernah digunakan untuk syuting sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang populer di era 90-an.

Seluruh mobil-mobil lawas yang berkonvoi di Jalan Tol Jagorawi merupakan milik para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Mereka berkonvoi menuju Bogor untuk menghadiri acara Pelantikan Pengurus PPMKI 2017-2020 yang diselenggarakan di Kebun Raya Bogor.

Deretan mobil lawas milik para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang ikut serta dalam konvoi ke Bogor, Minggu (21/1/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil lawas milik para anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang ikut serta dalam konvoi ke Bogor, Minggu (21/1/2018).

Ketua Umum PPMKI Ronny Arifuddin mengatakan, acara pelantikan yang digelar di Bogor merupakan lanjutan dari Munas ke-12 PPMKI di Bandung pada November 2017. Pada Munas tersebut, Ronny yang sebelumnya menjabat sebagai Ketum PPMKI periode 2014-2017 kembali terpilih secara aklamasi untuk melanjutkan masa jabatannya.

"Jadi acara yang digelar hari ini adalah pengukuhannya. Setelah pengukuhan ini, untuk ke depannya selain menyelesaikan program kerja periode sebelumnya yang belum terselesaikan, saya juga akan berupaya memperkokoh organisasi ini agar lebih solid," ucap Ronny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com