Mulai Sekarang Jangan Panaskan Motor di Depan Tembok

Kompas.com - 03/01/2018, 10:22 WIB
Tampilan depan skutik adventure Honda. Motorcycle.comTampilan depan skutik adventure Honda.
|
EditorAzwar Ferdian

 

Jakarta, KompasOtomotif — Salah satu hal yang kerap dilakukan sebelum menggunakan sepeda motor adalah “memanaskan”. Ini dilakukan agar oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan kendaraan. Salah satunya terkait tempat.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma menyarankan agar tidak memanaskan motor dengan jarak yang terlalu dekat dengan tembok. Khususnya bagi motor kekinian, yakni lampu utamanya otomatis menyala jika mesin dinyalakan. Sebab, hal dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas.

Baca juga: Perhatikan Langkah Merawat Rantai Motor

“Efek panas akibat pancaran sinar lampu akan berbalik ke arah motor. Makanya, sebaiknya kalau memanaskan motor jangan tepat di depan tembok agar panasnya tidak memantul,” kata Rendra saat ditemui di tempat kerjanya di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Selasa (2/1/2018).

Yamaha E-Vino digunakan sebagai model uji coba sepeda motor listrik oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha E-Vino digunakan sebagai model uji coba sepeda motor listrik oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Kemudian, lanjut Rendra, memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3-5 menit. Mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan.

Ia menambahkan, memanaskan motor jangan dilakukan di dalam ruangan. Sebab, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bagi tubuh. Hal itu di antaranya gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal. Selain itu, panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara dan akan mengumpul di dalam ruangan dan ini yang berbahaya bila terhirup manusia.

Baca juga: Bersihkan Lampu Motor dan Kaca Helm pada Musim Hujan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.