Kompas.com - 03/01/2018, 10:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mengapa sepeda motor lebih berpeluang kecelakaan lalu lintas? Jawaban paling sederhananya karena beroda dua.

Logika itu mudah, namun bukan berarti semua orang memahaminya. Biar motor bergerak mengandalkan dua hal, yakni keseimbangan dan kecepatan. Bila salah satunya terganggu, maka jadi sumber awal terjatuh atau kecelakaan.

“Secara alamiah, roda dua lebih ringkih terlibat kecelakaan terutama karena kestabilan yang tak terjaga. Karena itu, kata kuncinya ada pada kemudahan dan kenyamanan mengendalikan kendaraan,” ucap Edo Rusyanto, pemerhati keselamatan berlalu lintas, Senin (1/1/2018).

Baca: Banyak Korban Kecelakaan Semakin Parah Usai Ditolong

Agar nyaman berkendara, biker sudah sepantasnya lebih dulu mengenal motor dan memahami seluk beluknya. Masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan, namun yang terutama selalu mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan sesuatu yang berisiko seperti salah kaprah memodifikasi motor.

Polisi melakukan Olah TKP kecelakaan sepeda motor yang menabrak truk yang sedang parkir di jalur Pantura Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Diduga korban tewas sebelum menabrak bermain ponsel saat menyetir.

KOMPAS.com/Ari Himawan Sarono Polisi melakukan Olah TKP kecelakaan sepeda motor yang menabrak truk yang sedang parkir di jalur Pantura Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Diduga korban tewas sebelum menabrak bermain ponsel saat menyetir.

Baca: 8 Istilah Salah Kaprah dalam Otomotif

“Teruslah jaga kestabilan kendaraan demi keselamatan bersama saat berlalu lintas jalan. Hal yang bisa kita lakukan adalah kenali risiko dan cegah risiko terutama fatalitas yang ditimbulkan oleh kecelakaan di jalan,” kata Edo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.