Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Impor Paling Laris di Indonesia Tahun Lalu

Kompas.com - 05/01/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 
 
Jakarta, KompasOtomotif - Selain mengekspor produk dari pabrik-pabrik di dalam negeri, sejumlah agen pemegang merek (APM) sepeda motor di Indonesia ada juga yang mengimpor motor dari luar negeri. Dari data yang dilansir Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), terhitung ada 6.938 unit sepeda motor build-up yang diimpor masuk dan dijual di Indonesia sepanjang Januari hingga November 2017.
 
Dari data yang dilansir AISI, Honda PCX 150 menjadi motor impor terlaris dengan penjualan mencapai 4.848 unit. Sebelum meluncurkan produk lokal pada pertengahan Desember 2017, Astra Honda Motor memang masih mengimpor PCX dari negara lain.
 
 
Setelah PCX, sepeda motor impor yang menempati posisi penjualan terlaris nomor dua adalah Honda CRF250. Penjualan motor trail yang satu ini sepanjang 2017 tercatat mencapai 1.037 unit.
 
CRF250R model year 2018.Autoevolution CRF250R model year 2018.
 
Untuk posisi ketiga terlaris, Honda masih menempatkan produknya yang diisi motor sport bergaya retro, CMX 500 Rebel. Sepanjang 2017, penjualan CMX 500 Rebel mencapai 321 unit.
 
Untuk posisi lima besar, Honda tercatat menempatkan empat produknya. Satu-satunya merek selain Honda yang masuk lima besar adalah Kawasaki ZR 900 B dengan penjualan mencapai 172 unit. Sedangkan posisi kelima ditempati Honda SH 150i dengan penjualan mencapai 130 unit.
 
Honda SH150i.Febri Ardani/Otomania Honda SH150i.
 
APM di Indonesia yang tercatat menjadi anggota AISI adalah Astra Honda Motor, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Suzuki Indomobil Sales 2W, Kawasaki Motor Indonesia, dan TVS Motor Company Indonesia. Dari data yang dilansir AISI, hanya Honda, Suzuki, dan Kawasaki yang melampirkan produk impornya.
 
Untuk Yamaha sendiri, KompasOtomotif sudah mencoba mengkonfirmasi produk build-up yang dijual sepanjang 2017. Sumber internal YIMM menyebutkan pihaknya memang sengaja tidak melampirkan produk impornya dalam data AISI.
 
 
Dari informasi yang diperoleh, total ada 300 unit motor build-up yang dijual oleh Yamaha di Indonesia sepanjang 2017. Seluruhnya merupakan gabungan dari penjualan beberapa jenis motor, seperti R1, R1 M, R6, MT09, MT Tracer, WR250R, TMAX, dan Tricity.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com