Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin CB150R ExMotion Tanpa "Kick Starter"

Kompas.com - 10/12/2017, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan cuma logo “AHM” di mesin Honda CB150R ExMotion yang menarik untuk disimak, tapi juga ternyata mesinnya tidak pakai engkol kick starter. Jadi buat menyalakan mesin, biker mengandalkan tombol starter di setang saja.

Desain mesin seperti itu agak berbeda dari motor-motor yang beredar di Indonesia. Padahal, mesin K56 yang dipakai di CB150R ExMotion diproduksi Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia. Mesin K56 juga digunakan di Honda Sonic.

Di Thailand, motor tanpa kick starter bukan hal aneh lagi. Semua model sport yang ditawarkan Honda di Thailand tidak ada yang punya alternatif menyalakan mesin seperti itu.

Honda CB150R ExMotion menggunakan mesin 1-silinder 150cc DOHC yang sama seperti Honda CB150R Streefire yang ada di Indonesia.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CB150R ExMotion menggunakan mesin 1-silinder 150cc DOHC yang sama seperti Honda CB150R Streefire yang ada di Indonesia.
Honda CB150R ExMotion.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CB150R ExMotion.

Meski begitu, motor tanpa kick starter masih cukup asing di Indonesia. Model Honda di Indonesia yang didesain tanpa kick starter adalah PCX impor Vietnam dan SH150i dari Thailand.

Honda CB150R ExMotion menggunakan mesin 150cc yang diproduksi Astra Honda Motor (AHM).Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CB150R ExMotion menggunakan mesin 150cc yang diproduksi Astra Honda Motor (AHM).

Tanpa kick starter berarti peran aki sangat krusial sebagai sumber kelistrikan. Pada motor bertransmisi, saat darurat masih bisa didorong sampai menyala ketika aki habis mendadak, namun hal itu tidak bisa dilakukan pada skutik.

Baca: Skutik Baru Honda SH150i Tanpa "Kick Starter"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com