Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Karakter Mesin Baru All-New Rush

Kompas.com - 26/11/2017, 09:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walau di atas kertas tenaga dan torsinya lebih kecil dari mesin model lama, mesin All-New Rush dikatakan menawarkan rasa berkendara lebih baik dan makin irit bahan bakar. Kedua karakter mesin itu berbeda.

All-New Rush menggunakan mesin 2NR-VE 1.5L yang sudah lebih dulu dipakai di Grand New Avanza. Jantung pacu itu menggantikan mesin lama Rush, yakni 3SZ-VE 1.5L yang juga dipakai Avanza model sebelumnya.

Dari penjelasan Tommy Hermansyah Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM), perbedaan karakter kedua mesin itu benar-benar terasa berbeda ketika diuji di mesin dyno. Hasilnya, mesin 2NR-VE lebih halus ketimbang 3SZ-VE.

Baca: Fitur Baru yang Hanya Ada pada All New Rush

Toyota All-New RushFebri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Rush

“Jadi, kalau mesin lama dari awal responsif, 0 – 100 kpj tarikannya lebih linear. Sedangkan 2NR-VE karakternya lebih smooth. Mesinnya menahan rpm tidak tinggi saat penggantian gigi, makanya lebih halus,” jelas Tommy, Kamis (23/11/2017).

Tommy menyadari banyak pertanyaan mengapa tenaga dan torsi turun pada All-New Rush. Dia menjelaskan, kendati turun, dari hasil pengujian akselerasi 0 – 100 kpj pada kedua mesin tidak beda jauh. Angkanya di antara 11 – 12 detik.

“Di atas kertas kan turun, tapi kalau sedang dikendarai seperti enggak terasa itu turun,” ucap Tommy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com