Mengenal Karakter Mesin Baru All-New Rush - Kompas.com

Mengenal Karakter Mesin Baru All-New Rush

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 26/11/2017, 09:42 WIB
Mesin 2NR-VE yang digunakan di Toyota All-New Rush.Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 2NR-VE yang digunakan di Toyota All-New Rush.

Jakarta, KompasOtomotif – Walau di atas kertas tenaga dan torsinya lebih kecil dari mesin model lama, mesin All-New Rush dikatakan menawarkan rasa berkendara lebih baik dan makin irit bahan bakar. Kedua karakter mesin itu berbeda.

All-New Rush menggunakan mesin 2NR-VE 1.5L yang sudah lebih dulu dipakai di Grand New Avanza. Jantung pacu itu menggantikan mesin lama Rush, yakni 3SZ-VE 1.5L yang juga dipakai Avanza model sebelumnya.

Dari penjelasan Tommy Hermansyah Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM), perbedaan karakter kedua mesin itu benar-benar terasa berbeda ketika diuji di mesin dyno. Hasilnya, mesin 2NR-VE lebih halus ketimbang 3SZ-VE.

Baca: Fitur Baru yang Hanya Ada pada All New Rush

Toyota All-New RushFebri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Rush

“Jadi, kalau mesin lama dari awal responsif, 0 – 100 kpj tarikannya lebih linear. Sedangkan 2NR-VE karakternya lebih smooth. Mesinnya menahan rpm tidak tinggi saat penggantian gigi, makanya lebih halus,” jelas Tommy, Kamis (23/11/2017).

Tommy menyadari banyak pertanyaan mengapa tenaga dan torsi turun pada All-New Rush. Dia menjelaskan, kendati turun, dari hasil pengujian akselerasi 0 – 100 kpj pada kedua mesin tidak beda jauh. Angkanya di antara 11 – 12 detik.

“Di atas kertas kan turun, tapi kalau sedang dikendarai seperti enggak terasa itu turun,” ucap Tommy. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM