Ribuan Pecinta VW Lokal dan Asing Ramaikan JVWF 2017 - Kompas.com

Ribuan Pecinta VW Lokal dan Asing Ramaikan JVWF 2017

Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Kompas.com - 25/11/2017, 08:43 WIB
Pengunjung melihat mobil Volkswagen Beetle puith bernama Kesatria Putih di ajang Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017, Jogja Expo Center (JEC), Jalan Janti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S Pengunjung melihat mobil Volkswagen Beetle puith bernama Kesatria Putih di ajang Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017, Jogja Expo Center (JEC), Jalan Janti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).


Yogyakarta, KompasOtomotif -  Ribuan mobil Volkswagen terpantau meramaikan Jogjakarta Volkswagen Festival ( JVWF) 2017 di JEC (Jogjakarta Expo Center), Sabtu (18/11/2017). Acara kumpul komunitas pecinta VW ini diramaikan oleh pengunjung dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Dalam peresmiannya, JVWF dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X, Ketua Komunitas Volkswagen Indonesia, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, dan Ketua Umum Volkswagen Club Yogyakarta (VCY), Sumartoyo Suharto. "JVWF digelar dari tanggal 17-19 November 2017 di JEC," ujar Ketua Umum Volkswagen Club Yogyakarta (VCY), Sumartoyo Suharto, Sabtu (18/11/2017).

Melestarikan VW

Sumartoyo menyampaikan ajang dwi tahunan ini digagas oleh Volkswagen Club Yogyakarta (VCY). Kegiatan digelar sebagai apresiasi dan penghargaan kepada segenap pecinta kendaraan Volkswagen di Indonesia.

"Di Indonesia ada ribuan pecinta VW dan banyak dari mereka yang sangat concern menjaga dan melestarikan keberadaan VW. Mereka juga butuh tempat untuk memamerkan koleksi dan karya-karyanya, karena itu kami sediakan di JVWF ini," kata Sumartoyo.

Seperti Dua penyelenggaraan sebelumnya, ivent ini menjadikan kontes dan display kendaraan VW sebagai acara utama. Ada ratusan unit VW dari berbagai tipe yang mengikuti kontes dalam berbagai kelas.

Mobil-mobil VW di Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017 di JEC (Jogjakarta Expo Center). KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Mobil-mobil VW di Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017 di JEC (Jogjakarta Expo Center).

"Ada 120 unit kendaraan VW berbagai tipe yang ikut kontes. Kendaraan VW yang ikut kontes ini datang dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri," ucap Sumartoyo.

2.000 Peserta

Selain peserta kontes, JVWF juga dihadiri lebih kurang 2.000 unit mobil VW berbagai tipe. Hadir pula club-club VW dari berbagai daerah di Indonesia termasuk luar negeri.

"Ada 82 club VW dari seluruh Indonesia yang datang, lalu dari luar negeri antara lain Amerika, Jerman, Inggris, Belgia, Australia, Brazil, Malaysia, Brunei, Singapura dan Timor-Leste," kata Sumartoyo.

Ketua Pelaksana JVWF 2017, Tjahyo Widjojono menyampaikan tahun ini JVWF 2017 mengangkat tema "From Jogja To The World". Lewat tema ini ini JVWF 2017 ingin menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia dalam hal ini Yogyakarta mempunyai banyak potensi, baik budaya, seni maupun pariwisata.

"Kegiatan ini tak hanya dihadiri dari peserta dalam negeri namun banyak dari luar negeri, kami ingin menunjukan berbagai potensi di Yogyakarta dan Indoenesia. Bukan hanya acaranya tetapi juga budaya, pariwisata, karya seni serta karya kreatif pengiat VW Indonesia klasik maupun kustom," kata Tjahyo.

Pengunjung berswafoto dengan latar belakang mobil Volkswagen Beetle puith bernama Kesatria Putih di ajang Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017, Jogja Ekspo Center (JEC), Jalan Janti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S Pengunjung berswafoto dengan latar belakang mobil Volkswagen Beetle puith bernama Kesatria Putih di ajang Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017, Jogja Ekspo Center (JEC), Jalan Janti, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).

JVWF2017 juga mengajak seniman muda lokal dan menyuguhkan pameran, Art Volks Exhibition bertema " The Art Can Show the Glory Of a Nation". Total, ada 22 seniman yang terlibat dalam pameran dalam berbagai karya, seperti lukisan,patung, dan instalasi seni.

"Kami juga merangkul UMKM. Ada sekitar 20 yang menyajikan produk di stand UMKM, lalu ada 25 food truck, semuanya menggunakanmobil VW," kata Tjahyo. Selain itu turut meramaikan JVWF 2017, Filosopi Kopi, ada meet and great bersama Ciccho Jerico dan Rio Dewanto.

"Kami juga menghadirkan tokoh legenda VW, Ron Fleming dari Amerika Serikat. Pembalap (drag) VW sekaligus pendiri Club VW tertua di Dunia, Der Kleiner Panzers," kata Tjahyo.

PenulisKontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM