Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Batal Dijual Grup VW

Kompas.com - 03/10/2017, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Bloomberg

Stuttgart, KompasOtomotif – Group Volkswagen (VW) dilaporkan batal menjual Ducati sehubungan dengan tentangan kuat dari serikat pekerja. Hal ini diperkuat pernyataan pimpinan serikat pekerja di Italia yang memastikan bahwa proses penjualan telah berhenti.

”CEO Ducati mengatakan kepada pekerja, bahwa dewan pengawas VW memutuskan untuk penghentian proses penjualan. Serikat buruh meminta untuk Ducati agar tetap berada di grup VW,” kata Bruno Papignani, Kepala Regional FIOM CIGL, serikat buruh di Italia, dikutip Bloomberg, (30/9/2017).

VW telah mempertimbangkan untuk melepas Ducati sebagai bagian dari tinjauan aset perusahaan yang dimulai akhir tahun lalu. Tinjauan ini berkaitan dengan fokus perusahaan untuk mengembangkan produk mobil dan truk.

Dikabarkan sebelumnya, Audi (bagian dari VW Group) yang memiliki saham Ducati, menggandeng Evercore Partners Inc. untuk memberi opsi langkah strategis, termasuk menjual Ducati. Tapi soal ini, sebenarnya tak ada pernyataan resmi dari perusahaan.

Baca: Mesin Baru Ducati V4, Saingi Jantung Kawasaki H2

Penjualan Ducati akan mendatangkan uang segar untuk grup VW sekitar 1,5 miliar euro atau setara Rp 23,8 triliun. Apalagi, perusahaan sedang menanggung beban puluhan miliar euro sebagai bagian dari skandal mesin diesel.

Dilaporkan dalam aktivitas penjualan beberapa waktu lalu, nama Ducati masih wangi dengan lima peminat yang mengajukan diri untuk membeli. Termasuk yang paling besar adalah keluarga Benetton yang kabarnya siap mengakusisi 1,5 miliar euro (Rp 23,8 triliun).

Nilai yang sangat tinggi, mengingat, Audi membeli Dicati pada 2012 silam dengan nilai 860 juta euro, atau setara 13,6 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com