Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Kawasaki W175 Malah Datang dari Bengkel Custom

Kompas.com - 23/11/2017, 09:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


Depok, KompasOtomotif - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan sport entry level baru, bergaya retro, W175. Harga yang ditawarkan Rp 29.8 juta untuk tipe standar, dan Rp 38.8 juta untuk special edition, on the road Jakarta.

KMI menyatakan kehadiran W175 dilatarbelakangi semakin banyaknya penggemar motor retro di Indonesia. Sebelum kemunculan W175, kebanyakan konsumen merekayasa motor hingga punya gaya retro lewat modifikasi di bengkel custom.

Karena menyasar segmen para penggemar motor modifikasi retro, KompasOtomotif menemui sejumlah pemilik bengkel modifikasi bergaya retro yang ada di Depok, Rabu (22/11/2017). Salah satunya Maiyudi, pemilik bengkel custom Clacustique.

Pria yang akrab disapa Negro ini menyatakan tak khawatir W175 akan mempengaruhi jumlah pemesan motor modifikasi ke bengkelnya. Sebab ia bisa menawarkan biaya modifikasi dengan biaya yang lebih murah ketimbang harga W175.

Baca juga : Butuh Modal Berapa untuk Modifikasi Motor?

Honda CBR 250 yang dimodifikasi dengan gaya caferacer di bengkel custom Clacustique, Depok.Bengkel custom Clacustique Honda CBR 250 yang dimodifikasi dengan gaya caferacer di bengkel custom Clacustique, Depok.

Sampai sejauh ini, Maiyudi menyebut biaya paling minim untuk modifikasi motor yang dikerjakannya berada pada kisaran Rp 7juta-Rp 8 juta.

"Jadi kita bisa mewujudkan impian pemilik untuk punya motor keren sesuai seleranya dengan dana terbatas," kata Negro.

Sementara itu, Wardoyo, pemilik bengkel Gandoel Two Wheels Custom menyatakan biaya modifikasi biasanya tergantung spare part yang digunakan. Sehingga biayanya bisa saja jauh lebih murah dibanding harga W175 atau sebaliknya.

"Sejauh ini untuk motor retro yang saya kerjakan, kisarannya Rp 7 juta sampai Rp 40 juta," ucap Wardoyo.

Baca juga : Kawasaki Luncurkan Anggota Keluarga Baru Sport Klasik W175

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com