Proyek Rp 1 Miliar Bikin Yaris Jadi Beroda 8 - Kompas.com

Proyek Rp 1 Miliar Bikin Yaris Jadi Beroda 8

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 21/11/2017, 13:22 WIB
Black Auto Battle 2017 di Bandung.Febri Ardani/KompasOtomotif Black Auto Battle 2017 di Bandung.

Bandung, KompasOtomotif – Apa yang bisa Anda lakukan dengan uang Rp 1 miliar? Buat rumah modifikasi asal Yogykarta, Kupu-kupu Malam, dana segitu jadi modal menang gelar The Blackauto Master di kontes Black Auto Battle 2017.

Keringat dan jerih payah tim langganan juara itu pada tahun ini menghasilkan sebuah karya yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu mobil beroda delapan sepanjang 6,5 m. Desain ekstremnya dibuat dari basis Toyota Yaris produksi 2006.

Baca: Yaris "Hybrid" 8 Roda Rajanya Black Auto Battle 2017

Toyota Yaris Kupu-kupu Malam dinobatkan sebagai Rajanya Black Auto Battle 2017.Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Yaris Kupu-kupu Malam dinobatkan sebagai Rajanya Black Auto Battle 2017.
Black Auto Battle 2017 di Bandung.Febri Ardani/KompasOtomotif Black Auto Battle 2017 di Bandung.

Sebutan buat mobil ini, Mr. Pitbull, karena bentuk wajahnya mirip jenis anjing yang dikenal beringas itu. Kupu-kupu Malam pernah membuat mobil modifikasi enam roda, Six Shooter, sebelumnya, namun sekarang Pitbull jelas jadi yang paling galak.

Penampakan Pitbull bila berwujud sketsa di atas kertas bisa jadi tidak ada hubungannya dengan mahkluh hidup, tapi lebih mirip mirip ute alias pikap dari mobil penumpang yang terkenal di Australia. Namun tentu saja yang diangkut di bagian belakang bukan barang logistik, melainkan seperangkat sistem audio lengkap dengan monitor kecil-besar yang bisa dipakai buat main game console.

Sistem audio yang berada di atas motor listrik dan baterai sebagai penggerak cadangan mobil rancangan Kupu-kupu Malam.Febri Ardani/KompasOtomotif Sistem audio yang berada di atas motor listrik dan baterai sebagai penggerak cadangan mobil rancangan Kupu-kupu Malam.

Paket hiburan dilindungi oleh pintu yang bisa terbuka-menutup otomatis. Penutup itu bukan cuma melindungi sistem audio tetapi juga rahasia yang ada di bawahnya, yaitu motor listrik 72 Volt dan paket baterai 7,2 kWh yang terdiri 12 sel baterai. Kupu-kupu Malam menggunakan teknologi yang sama digunakan mobil listrik Selo.

Bedanya, motor listrik yang menggerakan roda belakang baris kedua itu bisa dikendalikan sistem remote control. Kupu-kupu Malam sudah punya pengalaman soal teknologi itu, pasalnya sebelum jadi seperti ini, Yaris yang jadi basis pernah memenangkan Yaris Show Off 2014 menggunakan teknologi yang sama.

Toyota Yaris karya Kupu-kupu Malam, menggunakan mesin konvensional yang sudah dimodifikasi dan penggerak listrik di belakang. Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Yaris karya Kupu-kupu Malam, menggunakan mesin konvensional yang sudah dimodifikasi dan penggerak listrik di belakang.

Dua sumber penggerak

Walau ada motor listrik yang menggerakan roda di belakang, sumber penggerak utamanya adalah mesin bensin 1.5L asli milik Yaris yang memutar roda depan. Edi Tesi dari Kupu-kupu Malam menjelaskan kedua penggerak itu tidak bisa dipakai bersamaan.

Kabin Mr. Pitbull karya Kupu-kupu Malam.Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin Mr. Pitbull karya Kupu-kupu Malam.

Transmisi yang digunakan yaitu otomatis bawaan Yaris. Hal itu mudah dipercaya sebab bila melihat ke rumah transmisi di kabin, penampakannya belum berubah dari OEM.

“Mesinnya 1.5L sudah kami aplikasikan turbo sama pakai kosmetik mesin. Mesin itu untuk roda depan, kalau lagi nyetir, remote control-nya off. Kalau Remote control menyala, mesin off,” kata Edi.

Menurut Edi, dana Rp 1 miliar paling banyak dihabiskan untuk teknologi listrik dan konversi bodi. Motor listrik dan baterainya diimpor dari China dalam bentuk utuh, spesifikasinya dikatakan memang untuk mobil listrik.

Toyota Yaris Kupu-kupu Malam dinobatkan sebagai Rajanya Black Auto Battle 2017.Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Yaris Kupu-kupu Malam dinobatkan sebagai Rajanya Black Auto Battle 2017.

“Teknologi paling canggih itu remote control, tapi kami juga punya sistem motorize yang bisa diatur pakai Android. Ada aplikasinya sendiri, buat ngatur mesin, audio, LED, sama suspensi udara juga,” sebut Edi. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM