Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jalur Neraka" Cawang-Pancoran, Arus Lalu-lintas Dialihkan

Kompas.com - 21/11/2017, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Terhitung hari ini, Selasa (21/11/2017) Dishub DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Cawang. Langkah itu diambil karena ada pemasangan U-Shape dan Pier Head Light Rail Transit (LRT) Cawang-Dukuh Atas.

Menurut Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah, rekayasa ini dilakukan demi kelancaran lalu lintas di sekitar area pembangunan LRT. Pengalihan jalan ini terbagi menjadi dua zona, yaitu dari Cawang menuju Pancoran, dan Halim, Cililitan, sampai Kampung Melayu.

"Wilayahnya dimulai dari ruas jalan MT Haryono sisi selatan, yaitu simpang Cawang sampai simpang Pancoran," ucap Andri seperti dilansir laman NTMCPolri, Selasa (21/11/2017).

Zona 1, kendaraan dari arah Cawang menuju Pancoran untuk kendaraan kecil dan sepeda motor dialihkan melalui Jalan Cikoko Timur Raya-Jalan Pengadegan-Jalan Pasar Minggu dan seterusnya.

Baca juga: Kenali Jenis dan Jadwal Operasi Lalu Lintas Polisi

Sementara truk dan bus dialihkan masuk pintu tol Cawang. Zona 1 dimulai 21 November hingga 30 Desember 2017, pada pukul 23.00 sampai 05.00 WIB.

Selanjutnya zona 2, kendaraan dari Halim, Cililitan dan Kampung Melayu menuju Pancoran dialihkan melalui Jalan Otto Iskandardinata-Jalan KH Abdullah Syafei-Jalan Soepomo atau melalui Jalan Dewi Sartika-Jalan Kalibata-Jalan Pasar Minggu dan seterusnya.

Pekerjaan di zona 2 dimulai pada 14 Desember hingga 30 Desember 2017, pukul 23.00 sampai 05.00 WIB.

Angkutan Umum

Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)PT Transportasi Jakarta Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)

Andri melanjutkan, untuk pelayanan Angkutan Dini Hari (Andini) Transjakarta Koridor 9 rute Pinang Ranti-Pluit mengalami perubahan rute.

Zona 1 pukul 23.00 hingga 05.00 WIB, bus Transjakarta masuk pintu tol Cawang, keluar di exit tol Tegal Parang, transit di halte Tegal Parang dan seterusnya. Sejumlah halte seperti Halte Stasiun Cawang Cikoko, Halte Tebet BUMD, Halte Tugu Pancoran dan Halte Pancoran Barat tidak dapat melayani penumpang.

Selanjutnya zona 2, pukul 23.00 hingga 05.00 WIB, bus Transjakarta di Simpang Cawang dialihkan belok kiri ke Jalan Dewi Sartika-Jalan Kalibata-Jalan Pasar Minggu dan seterusnya, transit di Halte Pancoran Barat dan seterusnya.

Beberapa halte seperti Halte Cawang Ciliwung, Halte Stasiun Cawang Cikoko, Halte Tebet BUMD dan Halte Tugu Pancoran tidak dapat melayani penumpang.

"Kami imbau kepada seluruh pengguna jalan bisa menyesuaikan diri dengan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan, dan tetap mematuhi rambu lalu lintas," ujar Andri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com