Ban Tubeless Makin Lumrah Buat Skutik - Kompas.com

Ban Tubeless Makin Lumrah Buat Skutik

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 03/11/2017, 19:02 WIB
Ban tubeless dari berbagai merk dan tipe bisa menjadi pilihan pengendara. Fachri Fachrudin Ban tubeless dari berbagai merk dan tipe bisa menjadi pilihan pengendara.
 
Jakarta. KompasOtomotif - Ban tubeless umumnya lebih banyak disematkan di kaki-kaki motor sport. Hal ini guna menunjang performa motor berbobot berat tersebut.
 
Namun demikian, nyatanya tren ini juga mewabah pada skutik. Kekinian, penggunaan ban tubeless pada skutik kian mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari jumlah penjualan di sejumlah toko.
 
Mena Selamet, teknisi Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur mengatakan, penjualan ban tubeless untuk skutik bisa mencapai lebih dari 10 pcs dalam satu hari. "Kalau ban biasa (tube type/dengan ban dalam) paling 5 sampai 7 (pcs)," kata Mena saat ditemui KompasOtomotif.com Jumat (3/11/2017).
 
Mena mengatakan, rata-rata pelanggannya yang mengganti ban tubeles menggunakan skutik, seperti Honda Vario, Beat, Yamaha mio, soul, dan beragam jenis sekelasnya.
 
Ia mengatakan, peningkatan jumlah penjualan ban tubeless ini sudah sejak akhir tahun lalu dan terus mengalami peningkatan beberapa bulan belakangan. "Alasannya, katanya (pelanggan) biar praktis. Kan kalau kena paku, ban tubeless enggak langsung bocor, anginnya enggak langsung hilang kecuali (pakunya) dicabut. Kalau ban biasa kan langsung habis anginnya," kata Mena.
 
Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).Fachri Fachrudin Bengkel Proban Motoparts Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).
Hal senada diungkapkan oleh Fahrul, teknisi Planet Ban di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Ia mengatakan, pihaknya bisa menjual sekitar 10 hingga 12 ban tubeless untuk skutik dalam satu hari. Sementara ban tube type hanya terjual sekitar 3 pcs saja.
 
"Bahkan kadang-kadang sehari enggak keluar (laku) ban biasa," kata Fahrul.
 
 
Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk sebelumnya juga sudah memprediksi bahwa ke depan, tubeless menjadi favorit bagi pengguna motor dari berbagai model. Sebab, selain praktis, daya tahannya cukup lama.
 
"Kalau bocor tidak perlu beli ban dalam, cukup ditambal atau bisa juga pakai cairan ban yang sekarang ini banyak beredar di pasaran," kata Arijanto di Karawang, Rabu (12/4/2017).

PenulisFachri Fachrudin
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM