Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda S90 “Modal Murah”, Juara Kontes Modifikasi

Kompas.com - 01/11/2017, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotf - Modifikasi pada Honda S90 bisa dibilang cukup langka dilakukan. Namun tidak bagi Iqbal Saputra yang justru sukses meraih gelar juara nasional Honda Modif Contest (HMC) 2017 di kelas All Stock Advance untuk tahun 2006 ke bawah.

Sentuhan modifikasi yang dilakukan Iqbal pada motor lawasnya mampu menarik perhatian. Iqbal mengambil konsep aliran kustom Cafe Racer yang dibuat menarik dengan hitungan dana yang bisa dibilang cukup minimalis.

Proses pengerjaan dimulai dengan sedikit merombak sasis asli S90. Tujuannya sudah tentu untuk mendapatkan proposisi yang ideal serta terlihat kompak dengan beberapa komponen yang dikustom sendiri.

Rancang bangun yang dilakukan tidak banyak memakan waktu. Total dari hitungan bahan hingga menjadi karya yang sukses menyabet gelar juara nasional dihabiskan dalam waktu 40 hari.

Baca : Chopperland, Motor Kustom Garapan Pemuda Indonesia yang Dijajal Jokowi

Horne kustom yang dibuat untuk menyesuaikan tema Cafe Racer Horne kustom yang dibuat untuk menyesuaikan tema Cafe Racer

"Untuk sasis cuma sedikit yang diubah. Kalau untuk komponen yang dikustom itu mulai dari tangki bahan bakar, swing arm, dan hornet," kata Iqbal kepada wartawan beberapa waktu lalu di Yogyakarta.

Sebelumnya, S90 Iqbal sudah pernah menyandang gelar motor kustom terbaik di Pekanbaru. Saat akan maju ke babak final, Iqbal melakukan beberapa ubahan, salah satunya dengan menambahkan lapisan krom pada beberapa sektor.

Modifikasi Honda S90 HMC 2017 Modifikasi Honda S90 HMC 2017

"Dari juara di Pekanbaru sedikit dirapihkan lagi, kita tambahkan lapisan krom. Total habisnya itu sekitar Rp 19 juta dari nol hingga saat ini," kata Iqbal.

Meski relatif terbilang murah, bukan berarti uang menjadi patokan. Ada beberapa aturan modifikasi yang sudah menjadi pakem mutlak, mulai dari soal kenyamanan berkendara, sampai menyangkut soal safety.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com