Honda Supra "Sundal Bolong" asal Sidorarjo - Kompas.com

Honda Supra "Sundal Bolong" asal Sidorarjo

Stanly Ravel
Kompas.com - 20/10/2017, 13:22 WIB
Honda Supra Sundal Bolong Chopper Honda Supra Sundal Bolong Chopper

Jakarta, KompasOtomotif - Honda Modif Contest (HMC) 2017 kembali melahirkan karya kustom sepeda motor terbaik. Dari tiga pemenang utama, salah satunya adalah Honda Supra X lansiran 2004 yang diberi nama Sundal Bolong.

Kustom garapan Hasan Law dari Pandawa Motorbike ini hadir memberikan warna baru khususnya di dunia modifikasi motor bebek. Bila biasanya dibuat lebih sporty atau racing, Hasan Law justru menerapkan konsep old school dengan tema Shopper.

Menurut Law, awal mula tercetusnya ide membuat Mini Chopper dengan basis motor bebek yang notabennya memiliki postur mesin tidur, karena memang dirinya mengaku jarang melihat modifikasi ini diterapkan pada motor berkubikasi kecil.

Sedangkan untuk pemilihan nama, sengaja diambil dari salah satu mahluk halus yang cukup terkenal di Indonesia agar unik dan mudah diingat.

Baca : Scoopy Terinspirasi Keris Pusaka Nogo Sosro


"Biasanya kalau kustom Chopper itu motor cc besar, seperti Tiger atau Harley. Kok, jarang yah yang pakai motor kecil, jadi tertantang di situ untuk membuat Mini Chopper berbasis mesin tidur pakai Supra. Sundal Bolong kan itu sukanya godain laki-laki, jadi pas aja dengan konsep motor sebelumnya yang saya kasih nama Kolor Ijo," ucap Law kepada media di Yogyakarta, Sabtu (14/10/2017).

Bicara tentang rombakan, bisa dipastikan 80 persen sudah di kustom ulang. Secara proposisi Chopper sudah tidak mungkin membertahankan sasis standar, karena itu Law memutuskan untuk merangkai frame baru.

Pembuatan dilakukan tidak main-main, mengingat mesin yang digunakan berukuran kecil, maka agar tetap terlihat berimbang masalah dimensi tetap diperhitungkan. Apalagi ada tuntutan modifikasi yang dilakukan harus tetap nyaman dan layak jalan, karena itu center gravity harus tetap terjaga supaya handling tetap mantab.

Honda Supra Sundal Bolong Chopper Honda Supra Sundal Bolong Chopper

Bukan hanya di sasis, pengerjaan kustom lain juga ikut dilakukan. Mulai dengan pembuatan spatbor dengan pelat galvanis, tangki bahan bakar, knalpot, jok, setang dan lainnya.

Baca : Tren Lampu Depan Motor di Kustomfest 2017

"Hampir semua pengerjaan kustom kecuali, pelek, ban, dan mesin. Sengaja kita pertahankan untuk mesin tetap standar, jadi hanya di poles biar terlihat bersih dan senada dengan tampilan," kata Law.

Honda Supra Sundal Bolong Chopper Honda Supra Sundal Bolong Chopper

Sundal Bolong, bukan hanya sukses di HMC, sebelumnya di Kustomfest 2017, Law juga menerima penghargaan dari media internasional, yakni Chopper Jurnal dari Jepang dan Tank Moto dari Australia.

Menurut Law, tingkat kesulitan mengerjakan Sundal Bolong lebih ke pembuatan perintilan kustom yang beberapa komponennya harus dibuat berulang-ulang agar pas. Dengan waktu tiga bulan, Law menghabiskan dana kurang lebih Rp 25 juta agar Sundal Bolong layak tampil.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM