Chopperland, Motor Kustom Garapan Pemuda Indonesia yang Dijajal Jokowi

Kompas.com - 28/10/2017, 16:40 WIB
Presiden Indonesia Joko Widodo menjajal motor kustom Chopperland di Istana Bogor saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017). Biro Pers IstanaPresiden Indonesia Joko Widodo menjajal motor kustom Chopperland di Istana Bogor saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017).
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Presiden RI Joko Widodo menjajal sepeda motor kustom sewaktu perayaan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Sabtu (28/10/2017). Motor kustom itu bernama Chopperland, hasil kreasi metode baru pembuatan motor kustom dari dua builder lokal.

Baca: Jokowi Jajal Chopper Kustom di Istana Bogor

Kedua builder itu adalah Kick Ass Chopper dan Elder Garage. Founder Elder Garage Heret Frasthio menjelaskan, Chopperland dibuat menggunakan sasis kustom yang menggendong mesin Royal Enfield Bullet 350cc.

Mesin itu punya 1-silinder dengan busi ganda berkapasitas sebenarnya 346cc. Tenaga bawaan pabrik 19,8 tk dengan torsi 28 Nm, semua kemampuannya disalurkan transmisi 5-percepatan.

“Jadi, motor ini adalah kampanye proyek kami dalam wacana menemukan bisnis model baru, dengan menyiapkan semua suku cadang hingga pembuatan motor kustom cuma butuh waktu satu bulan,” kata Heret, saat KompasOtomotif hubungi.

Presiden Indonesia Joko Widodo menjajal motor kustom Chopperland di Istana Bogor saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017).Biro Pers Istana Presiden Indonesia Joko Widodo menjajal motor kustom Chopperland di Istana Bogor saat perayaan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Heret, pembuatan motor kustom biasanya membutuhkan waktu lama, bisa berbulan-bulan atau bahkan sampai tahunan. Salah satu faktor yang bikin lama, yakni menemukan suku cadang yang diinginkan.

Cara baru dengan menyediakan segala suku cadang yang diperlukan menjadi solusi buat konsumen yang mau motor kustom, namun tidak mau menunggu waktu lama. Heret mengatakan semua suku cadang, kecuali mesin, dibuat lokal.

“Kami sudah mempersiapkan sistem kerja, misalnya sasis, footstep, setang, apa saja ada asal untuk motor di bawah 500cc,” ucap Heret.

Chopperland sendiri dibuat hanya dalam waktu satu bulan. Suku cadang kustomnya menggunakan barang-barang ready stock



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X