Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernostalgia dengan Tampang Retro Suzuki Jimny

Kompas.com - 31/10/2017, 15:50 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kehadiran Jimny menjadi langkah Suzuki membangkitkan nostalgia bagi para penggemarnya di Tanah Air. Bermain di segmen SUV kompak, Jimny datang membawa aura retro dari sebuah jip yang cukup tenar sejak tahun 1980-an.

Meski hadir lebih modern. namun desain tradisional dengan bentuk kotak dari model terdahulu tetap dipertahankan agar ciri utama SUV tidak hilang.

Dimensi juga tetap terjaga dengan ukuran sedang, yakni panjang 3.695 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.705 mm. Lengkap dengan ban cadangan alias "konde" yang menempel di pintu belakang.

Suzuki JimnyStanly/KompasOtomotif Suzuki Jimny

Modernisasi dihadirkan agar Jimny bisa tetap eksis di tengah menjamurnya ragam SUV dari segala merek. Mulai dari desain headlamp hologen yang dibuat minimalis lengkap bersama foglamp, aero scoop pada kap mesin, rail roof rack, serta garis pada gril yang dirancang ulang dengan sentuhan baru dari generasi sebelumnya.

Baca : Melihat Langsung Generasi Baru Suzuki Jimny di Hamamatsu


Secara "tongkrongan", meski terlihat kecil namun ketangguhan Jimny sudah terlihat dari kaki-kaki jenjang khas SUV dengan jarak 190 mm serta ban profil tebal yang membungkus pelek bermaterial baja dengan desain sederhana.

Desain jip makin terasa dengan model dua pintu yang tetap digunakan Jimny untuk menunjukan jati dirinya sebagai sebuah mobil legenda yang hidup kembali. Bahkan bila diperhatikan lebih detail, banyak bagian kecil lain yang sengaja dipertahankan.

Suzuki JimnyStanly/KompasOtomotif Suzuki Jimny

Beberapa contoh seperti model kaca spion yang dibiarkan dengan tampilan kotak. Selain itu juga kaca belakang yang lebar dan model stoplamp yang menempel pada bagian samping dan ditambah dengan high mount di kaca bagian atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com