Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ignis Tambah Kencang Tinggalkan Brio

Kompas.com - 18/10/2017, 13:03 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kesuksesan Honda Brio rupanya mulai pudar di tenggelamkan Suzuki Ignis. Masuk bulan kesembilan di 2017, Ignis makin kokoh mengusai segmen city car dengan pencapaian 1.412 unit.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), sejak April, Ignis sudah mulai pencuri pasar yang selama ini dikuasai Brio. Sejak Maret sampai September 2017, Suzuki sudah mengantongi penjualan 9.692 unit Ignis.

Honda Brio yang tersangkut di posisi kedua pada September hanya terjual 797 unit, turun dibanding Agustus yang mencapai 1.606 unit. Secara total sepanjang 2017, Brio baru terjual 8.717 unit.

Head of Research and Brand Development 4W SIS Harold Donel, mengatakan tren penjualan Ignis tiap bulan makin meningkat seiring dengan suplainya yang stabil.

Baca : Siap-siap, Ada Ignis Edisi Terbatas

Suzuki Ignis dan Honda Brio, penguasa pasar city car di Indonesia.istimewa Suzuki Ignis dan Honda Brio, penguasa pasar city car di Indonesia.
"Minat Ignis masih tinggi, tarikan SPK (surat pemesanan kendaraan) juga meningkat, untuk bulan ini (Oktober) sendiri jumlahnya sudah 1.000-an lebih. Kita harap trennya terjaga," kata Harol kepada KompasOtomotif, Selasa (17/10/2017).

Sedangkan untuk kontribusi terbesar, Harol mengatakan varian matik masih mendominasi. Melihat dari data Gaikindo, penjualan tertinggi pada September dipimpin Ignis GL AGS dengan pencapaian 434 unit, model ini sendiri baru meluncur di GIIAS sebagai varian matik termurah.

Posisi ketiga city car masih ditempati Nissan March yang terjual 152 unit pada September. Sementara Mirage yang hanya 87 unit digeser Daihatsu Sirion yang terjual 147 unit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com