Jangan Terkecoh, Ini Bedanya SUV dan MPV - Kompas.com

Jangan Terkecoh, Ini Bedanya SUV dan MPV

Stanly Ravel
Kompas.com - 08/10/2017, 12:02 WIB
Kaki-kaki SUVStanly/KompasOtomotif Kaki-kaki SUV

Jakarta, KompasOtomotif -  Memasuki era modern, bukan hanya mobil sport utility vehicle ( SUV) yang punya ground clearance tinggi. Saat ini juga banyak beredar mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV) terbaru yang memiliki kaki jenjang seperti SUV.

Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto, menjelaskan MPV baru saat ini banyak dibangun dengan ground clearance tinggi seperti SUV.

"SUV biasanya di atas 200 mm, tapi saat ini MPV juga banyak (ground clearance tinggi) karena tuntutan daya angkut tujuh orang dan faktor jalan. Jadi jangan salah untuk membedakan mana SUV mana MPV, apalagi saat ini SUV juga ada yang tujuh penumpang," ucap Akbar saat berbincang dengan KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Menurut Akbar, sejatinya SUV memang memiliki kaki-kaki tangguh. Namun sebenarnya bukan hanya dilihat dari ground clearance saja, tapi ada faktor identik lain yang bisa menjadi bahan perbandingan dengan MPV berkaki jenjang.

Baca : Desain Kotak SUV yang Mulai Bergeser


"Bisa dilihat dari profil ban. SUV itu selalu pakai dimensi besar dan tebal, beda dengan MPV. Jadi meski ukuran pelek sama, contoh MPV pakai 15 SUV juga 15, tapi profil ban yang digunakan pasti beda. SUV lebih gemuk," kata Akbar.

Hal lain yang juga bisa membedakan SUV dan MPV adalah penempatan ban cadangan. Umumnya ban cadang SUV diletakan di belakang, atau menggantung di pintu bagasi dan kerap diistilahkan dengan "konde". Namun semakin modern, memang konsep ini juga makin ditinggalkan.

PenulisStanly Ravel
EditorAzwar Ferdian
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM