Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RMA Kagum pada Loyalitas Ford Indonesia

Kompas.com - 11/10/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Transisi dari Ford Motor Indonesia (FMI) yang kemudian digantikan oleh RMA Indonesia, meninggalkan banyak cerita. Salah satunya soal loyalitas para pengguna mobil merek Amerika Serikat di dalam negeri, terutama yang tergabung dalam komunitas.

Meski kabar tersebut diakui cukup mengejutkan, tapi mereka tetap mencoba bertahan dan secara massive ikut menenangkan sesama pengguna Ford di dalam negeri. Seperti kampanye yang dilakukan Ford EcoSport Community (Forescom).

Komunitas pemilik SUV medium tersebut menyatakan “kami baik-baik saja”, lewat tulisan di mobil mereka dalam bahasa Inggris, dan diletakkan di kaca depan bagian atas agar semua orang bisa melihat.

Perwakilan RMA Indonesia, melalui Yanto Mardianto, Senior Manager Marketing & Sales, berterima kasih dan mengagumi loyalitas dan militansi (dalam hal positif) dari pengguna Ford, khususnya mereka yang ada di komunitas.

Baca juga : Komunitas Ford: Kami Baik-baik Saja

“Komunitas sangat membantu mempertahankan eksistensi Ford, karena lebih ke mouth to mouth pendekatannya. Kala itu, saat Ford di Indonesia sedikit terguncang, mereka bahkan mengungkapkan kalau mereka baik-baik saja dan menenangkan sesama,” ujar Mardianto, kepada KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Berhubungan Baik

Sampai saat ini, kata Mardianto, pihak RMA dan komunitas Ford memiliki komunikasi yang baik. Bukan hanya satu model saja, tapi kepada semua club mobil Ford yang lain, turut digandeng RMA.

“Kami terus support komunitas, seperti acara Jambore. Kami juga mengadakan workshop soal teknologi, ke komunitas dan berbagi informasi lainnya soal Ford,” ucap Mardianto.

“Selain itu, teman-teman di komunitas juga kerap memberikan masukan dan informasi menarik. Mereka merupakan mata kami juga untuk mengoreksi diler jika pelayanan tidak baik,” kata Mardianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com