Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Produktif Makin Agresif di Jalan Raya

Kompas.com - 06/10/2017, 11:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif - Data jumlah kecelakaan di wilayah operasional Polda Metro Jaya (PMJ) memberikan hasil menarik dilihat dari usia pelaku dan korban kecelakaan lalu lintas. Dalam data perbandingan Agustus dan September 2017, didapat usia 21 sampai 30 tahun menjadi korban dan pelaku terbanyak, disusul umur 31 sampai 40 tahun.

"Menurut saya ada alasannya. Mengacu pada tingkatan mengemudi memang dikenal green driver untuk pengendara remaja. Mereka tidak banyak terlibat kecelakaan karena mereka masih takut-takut dan pelan-pelan," ucap Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesiaa saat dihubungi Kamis (6/10/2017).

Green driver ini berkutat pada masalah bagaimana mengoperasikan kendaraan. Menurut Sony, ini yang membuat usia terlibat kecelakaan di jalan raya tidak terlalu banyak namun bukan berarti tidak ada.

Baca : Usia Produktif Jadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Berbeda dengan usia 20 sampai 31 tahun. Usia ini dikenal dengan individu yang agresif dan ingin mencari tahu produk baru kendaraan. Menurut Sony, wajar bila angka keterlibatan kelompok umur ini tinggi.

Lantas apa yang paling penting dilakukan kelompok produktif ini untuk melindungi diri mereka di jalan raya? Sony mengungkapkan, isunya bukan lagi pada bagaimana cara menjalankan kendaraan dengan baik dan benar namun sudah pada bagaimana memprioritaskan keamanan dan keselamatan di perjalanan untuk dirinya dan orang lain.

"Safety driving itu lebih pada hard skill, bisa didapat dari pengalaman dan jam terbang. Seiring waktu ada soft skill-nya dengan materi sederhana untuk diaplikasikan sehari-hari, namun bisa jadi jarang dilakukan tiap berkendara," ucap Sony.

Sony juga menekankan pentingnya pelatihan khusus untuk usia produktif mengenenal keselamatan berkendara dengan baik. Terpenting bagaimana mempelajari perilaku berkendara defensif.

Baca : Sering Kecelakaan, Perlu Standar Baku Pemisah Jalan

"Misalnya saja, menjaga jarak antar kendaraan, melaju dalam batas kecepatan, melakukan cek kendaraan sebelum digunakan. Hal seperti ini yang perlu dilengkapi pengendara usia produktif, dan susah bila tidak dilakukan pelatihan," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com