Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Outlander Anjlok di 2017

Kompas.com - 04/10/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif – Di tengah ingar bingar dan senyum lebar kehadiran Xpander, ada kisah miris dari Mitsubishi Outlander di tanah Ibu Pertiwi. Penjualan sport utility vehicle (SUV) itu semakin susut tahun ini.

Menengok data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo), pasokan rata-rata per bulan (Januari-Agustus) 2017, berkisar 80-an unit. Sementara, periode yang sama tahun lalu, masih bertahan di 160-an unit. Artinya turun hampir 50 persen.

Wholesales Outlander (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Outlander (diolah dari data Gaikindo).
Secara total delapan bulan tahun ini, Outlander baru terjual 674 unit, melorot 49,06 persen (year-on-year). Meski begitu, masih ada secercah harapan sejak kemunculan varian teratas dari Outlander Sport Action pada Juli 2017, yang mengangkat performa.

Baca juga : Outlander Bekas Lebih Dilirik dari HR-V

Buktinya, Agustus pasokan kembali naik menjadi 118 unit, padahal bulan sebelumnya (Juli) cuma, 47 unit. Kenaikan ini, disebut-sebut berkat dorongan dari penyegaran baru tersebut, yang untuk pertama kalinya sejak 2014.

Capaian bulan kedelapan itu merupakan yang tertinggi sejak Februari 2017 yang hanya 99 unit. Pihak Mitsubishi belum mengeluarkan pernyataan soal prediksinya sampai akhir tahun tentang Outlander, yang diproduksi di pabrik Mitsubishi Pulogadung.

“Lumayan mendorong penjualan (penyegaran Outlander), tapi kan segmennya memang sedang menyusut juga. Belum ada rencana lain dan masih fokus itu dahulu, karena kami baru launching, jadi utamanya mempromosikan itu,” ucap Irwan Kuncoro, Director for Sales and Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Selasa (3/10/2017).

Wholesales Outlander Januari-Agustus 2014-2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Outlander Januari-Agustus 2014-2017 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com