Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiap Sambut Motor ”Adventure” Murah BMW

Kompas.com - 22/09/2017, 19:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – BMW G310 GS, sepeda motor adventure ber-cc kecil dengan harga lebih terjangkau siap meluncur di EICMA, Milan, November 2017. BMW Motorrad di Eropa pun menyiapkan tes untuk media di Barcelona, Spanyol.

Puluhan unit untuk tes pun siap diterbangkan dari India—negara pembuat sepeda motor tersebut—ke Spanyol, dengan menyiapkan varian berwarna Racing Red. Banyak petualang yang tak sabar ingin merasakannya, paling tidak, para pemula yang ingin sepeda motor adventure ”murah”.

BMW G 310 GS dibuat di pabrik TVS di Tamil Nadu, India, dan akan diekspor ke berbagai negara di belahan bumi. Wajar, karena sepeda motor ini adalah bagian dari hasil kerjasama BMW-TVS yang sudah menelurkan BMW G310R (naked), dan satunya versi ber-fairing dengan merek TVS.

Baca: Skuter Adventure Honda Ditantang Produk Taiwan

Di Inggris, G310 GS akan dibanderol 5.100 poundsterling (setara Rp 91,9 jutaan), atau lebih mahal 650 poundsterling (Rp 11,7 juta) dibandingkang dengan BMW G310R.

UNit BMW G310 GS yang siap dikirim ke Spanyol untuk acara test ride media.indianautosblog UNit BMW G310 GS yang siap dikirim ke Spanyol untuk acara test ride media.
Seperti yang sudah dirilis BMW, bahwa G310 GS menggendong mesin yang sama dengan G310R, yakni silinder tunggal 313 cc injeksi berpendingin cairan. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga maksimal 34 PS @9.500 rpm dan torsi 28 Nm @7.500 rpm.

Mesin itu berpasangan dengan transmisi 6-percepatan, klaim top speed sampai 143 kpj. Setelah dites dengan metoda tertentu, BMW merilis angka konsumsi bahan bakar sampai 30,03 kpl.

Kaki-kaki lebih jangkung, dan model ini dilengkapi garpu depan upside down 41 mm. Bagian belakang monosok. Travel suspensi 180 mm. Ban depan pakai pelek alloy 19 inci, dan 17 inci di belakang. Sedikit aneh, karena biasanya motor adventure lebih diarahkan pakai pelek jari-jari.

Kita di Indonesia tinggal menunggu waktu untuk mencicipi sepeda motor ini. Paling tidak, setelah meluncur dulu di Eropa, dan tunggu dalam waktu selambat-lambatnya enam bulan setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com