Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Koruptor Dilelang Siang Ini

Kompas.com - 22/09/2017, 14:47 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Puluhan mobil sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari beberapa terpidana kasus korupsi siap dilelang dalam acara Lelang Expo 2017. Proses lelang dilakukan di Jakarta Convention Center, Senayan, di ruang Cendrawasih, Jumat (22/9/2017).

Dari hasil pengamatan KompasOtomotif, dalam acara lelang hari ini hanya tiga mobil sitaan KPK yang dipajang dari total 19 unit. Mobil tersebut terdiri dari Volkswagen Golf lansiran 2011, Volkswagen Beetle 2012, dan Honda CR-V 2008.

Kondisi ketiga mobil tersebut masih dalam kondisi mulus, hanya beberapa baret ringan seperti yang dialami pada bagian depan kiri VW Golf. Sedangkan untuk kelengkapan surat-surat hanya CR-V yang tidak memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

Ketiganya ditawarkan mulai dari Rp 70 juta untuk VW Beetle, Rp 32 juta untuk VW Golf, dan Rp 20 juta untuk Honda CR-V. Sedangkan sisa unit disimpan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara yang dibagi dalam tiga lokasi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Baca : Minat Mobil Sitaan Seharga mulai Rp 28 Juta ?

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mengatakan, mobil yang disita dan dirampas harus dimanfaatkan untuk negara.

"Bagian dari yang disita dan dirampas dan sebagainya harus ditentukan pemanfaatannya oleh negara. Menurut negara bila tidak ada manfaatnya yah di lelang saja supaya bisa memberikan income kembali bagi negara dalam bentuk hasil lelang," kata Isa kepada wartawan di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com