Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Nissan Sentuh 150 Juta Unit di Dunia

Kompas.com - 20/09/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif – Salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Nissan, berhasil mencapai tonggak sejarah baru, menyentuh angka produksi 150 juta unit di seluruh dunia. Butuh 84 tahun bagi Nissan untuk meraihnya, sejak pertama kali lahir pada 1933 silam.

Angka 100 juta unit pertama diraih pada 2006, di mana komposisi produksi masih dominan di Jepang, mencapai 76,5 persen, sisanya tersebar di beberapa bagian dunia. Lalu 50 juta unit lagi, baru sanggup digapai 11 tahun kemudian, tepat di 2017.

“Ini berkat dukungan terus-menerus dari semua pemangku kepentingan di seluruh dunia, termasuk karyawan, diler, pemasok, dan masyarakat lokal, serta banyak pelanggan yang telah memilih mobil yang diproduksi oleh Nissan,” ujar pihak Nissan dalam siaran resmi globalnya, Selasa (19/9/2017).

Saat ini, produksi Nissan di Jepang mencapai 58,9 persen dari total seluruh dunia, dan terbesar kedua ada di Amerika Serikat 10,8 persen. Lalu penyumbang terbanyak ketiga, China dan Meksiko yang jumlah kontribusinya sama, 7,9 persen.

Baca juga : Aliansi Nissan Geser VW, Jadi Merek Terbesar Dunia

Posisi keempat yaitu Inggris yang dibuntuti oleh Spanyol, yang sumbangsihnya masing-masing 6,2 persen dan 2,4 persen. Sementara 5,8 persen sisanya tersebar beberapa daerah lain, termasuk Thailand dan Indonesia.

Selain itu, Nissan bersama dengan aliansinya Renault dan Mitsubishi juga sedang merayakan momen gembira, mereka menjadi grup otomotif terbesar dunia pada semester pertama 2017, menggeser Volkswagen di posisi puncak dengan menjual 5.268.078 unit.

Sementara Volkswagen hanya 5.155.600 unit dan Toyota 5.129.000 unit. Lalu di tempat keempat, bertengger General Motors dengan pencapaian 4,7 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com