McLaren Pertimbangkan Bikin Mesin F1 Sendiri

Kompas.com - 11/09/2017, 12:53 WIB
Tim McLaren F1 pertimbangkan bikin mesin sendiri. Frustasi? motorsport.comTim McLaren F1 pertimbangkan bikin mesin sendiri. Frustasi?
|
EditorAgung Kurniawan

Woking, KompasOtomotif – Gagal tampil baik akibat terkendala dengan mesin Honda pada musim balap tahun ini, tim McLaren F1 mengaku tengah mempertimbangkan untuk membangun mesin sendiri. Wacana itu akan makin serius begitu regulasi musim 2021 mulai diberlakukan.

Sebelumnya, tim asal Woking itu sudah menjalani musim yang buruk bersama Honda. Pabrikan Jepang yang punya historis kuat dalam ajang balap jet darat itu bersama McLaren tak mampu menyediakan mesin yang bisa bersaing dengan Mercedes-Benz, Ferrari, bahkan Renault.

Banyak opsi pun mengalir sejak saat itu. Mulai bertahan dengan Honda meski dengan berbagai syarat, pindah ke opsi pakai mesin Renault, sampai terakhir, mengembangkan mesin sendiri.

Baca: Honda Bisa Ditendang dari F1

McLaren tidak main-main, karena memang di dunia supercar, mereka sudah punya banyak produk kencang dan tentu saja, punya kemampuan untuk bikin mesin sendiri. Tapi ini adalah rencana jangka panjang.

Direktur Eksekutif McLaren, Zak Brown, dikutip dari Motorsport, (10/9/2017), peta persaingan performa mesin dapat berubah dramatis begitu regulasi yang saat ini berlaku berakhir.

"Kami sedang menjajaki regulasi mesin yang akan berlaku pada 2021, lalu mempertimbangkan apakah kami akan membangun mesin sendiri, atau menunggu opsi-opsi dari pemasok baru. Saat ini, fokus kami adalah tiga tahun ke depan," ucap Brown.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peta persaingan, masih kata Brown, akan bergerak ke arah yang positif mulai 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Pada saat itu, penyelenggara memberlakukan pembatasan biaya, pendistribusian pendapatan, sampai regulasi mesin baru.

McLaren harus benar-benar memahami isi dari regulasi 2021 sebelum tergoda untuk mencoba membangun mesin sendiri. "Membangun mesin sendiri belum pernah kami lakukan sebelumnya. Jadi kami harus tahu lebih awal dan modal yang cukup," ujar Brown.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.