Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Uji Tabrak Picanto dan Rio Terbaru

Kompas.com - 11/09/2017, 16:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Mulai tahun ini, tes tabrak mobil mengalami fase perubahan, membuat hasil uji yang baik akan sangat sulit didapat. Respons atas ini, produsen mobil melakukan berbagai perbaikan dan menaikkan standar keamanan mobil yang tak pernah terbayangkan 10 tahun silam.

Apa yang dialami Kia menjadi contoh, betapa Euro NCAP punya standar keamanan sangat tinggi. Picanto dan Rio model terbaru pun mentok mendapatkan nilai tiga bintang.

Picanto misalnya, mendapatkan rating 79 persen untuk proteksi penumpang dewasa. Alasan utamanya adalah perlindungan dada pengemudi yang ”marjinal” pada uji tabrak depan. Deselerasi yang tinggi membuat perlindungan itu berkurang.

Sementara itu, pada tes tumbukan atas, small hatchback/ city car yang sudah menggunakan fitur autonomous braking system itu memberi perlindungan baik, kecuali buat pejalan kaki.

Kia All NEw Rio pada tes tabrak Euro NCAP.Euro NCAP Kia All NEw Rio pada tes tabrak Euro NCAP.
Ada masalah juga pada perlindungan penumpang anak, Euro NCAP hanya memberi nilai maksimal 64 persen. Masalah utama adalah tensi pada leher yang terindikasi dari dummy anak berusia 10 tahun, sedangkan dummy anak 6 tahun mendapat nilai ”marjinal” untuk perlindungan dada.

Beranjak ke Rio, Euro NCAP menggarisbawahi, terindikasi ada tekanan yang tak memadai pada kantung udara driver untuk menjaga kepala agar tak terbekap kantung. Perlindungan penumpang belakang juga dinilai ”marjinal” ketika ditabrak dari belakang.

Sementara untuk perlindungan anak, ada indikasi masalah pada dummy bocah 6 tahun, ketika mobil ditabrak dari depan dengan kecepatan 64 kpj. Dada anak kemungkinan cedera. Selebihnya, dinilai baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com