Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Indonesia Juga "Recall" R NineT

Kompas.com - 31/08/2017, 17:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kabar BMW Motorrad melakukan kampanye penarikan R nineT di Amerika Serikat juga berdampak sampai Indonesia. Seperti diketahui, Maxindomoto sebagai distributor utama BMW Motorrad juga memasarkan R nineT di Tanah Air dalam beberapa versi.

Meski demikian, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans, mengklaim masalah tersebut hanya pemeriksaan saja bukan untuk pergantian komponen.

"Setelah mendapat info lengkap dari BMW Motorrad pusat, diketahui itu adalah prosedur untuk mengencangkan baut dengan torsi tertentu. Direkomendasikan untuk setiap unit yang berkunjung di diler dapat dilakukan pemeriksaan. Tidak ada pergantian suku cadang," ucap Joe saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (31/8/2017).

BMW R NineT RacerStanly/KompasOtomotif BMW R NineT Racer

Sayang Joe tidak berkomentar lebih soal jumlah unit yang wajib menjalankan prosedur pemeriksaan, termasuk soal populasi R nineT sendiri di Indonesia.

Baca : Akibat Baut, BMW "Recall" Ribuan Unit R NineT

Sebelumnya dikabarkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengumumkan recall untuk 3.368 unit BMW R nineT lansiran 2014-2017. Penarikan tersebut dikarenakan ada masalah pada baut pivot di swingarm.

Baut tersebut berpotensi terlepas dengan sendirinya yang bisa berdampak fatal bagi orang yang mengendarai. Pihak BMW Motorrad di Amerika Serikat pun langsung merespon dengan memberikan informasi pada pemilik R nineT untuk melakukan perbaikan yang akan dimulai pada 9 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com