Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2017, 08:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Kepastian nama small MPV Mitsubishi terkuak sudah. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mulai ”menyicil” keran informasi sebelum ”mobil sejuta umat” itu resmi meluncur, salah satunya nama asli.

Jika sebelumnya KompasOtomotif selalu menuliskan Expander, sebenarnya ejaan sesungguhnya adalah Xpander. Pada persiapan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, MMKSI membocorkan nama itu via desain booth yang bertuliskan ”Xpander”, lengkap dengan mobilnya.

KompasOtomotif dan Otomania.com sebenarnya sudah mengantongi nama resmi ini jauh hari, tepatnya ketika berkesempatan mengetes sang penantang Avanza Cs di Jepang, beberapa waktu lalu. Saat mobil dinyalakan, sapaan ”Xpander” nongol pada panel instrumen.

Namun, karena alasan perjanjian pemberitaan, sesuai etika kami belum bisa menyampaikannya kepada khalayak, sampai batas waktu yang telah ditentukan, yakni jelang peluncuran resmi, Kamis (10/8/2017).

Baca: Menperin Kepincut Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander.captured via Instagram Mitsubishi Xpander.
Bukti Lain
Meski semua pintu ditutup rapat, namun perkembangan informasi sebenarnya terus bergulir tentang small MPV Mitsubishi yang cukup bikin heboh itu. Banyak bocoran yang beredar, terutama dari media sosial Instagram.

Banyak tenaga penjual yang sudah mengumbar nama, salah satunya akun @Dachlan_mitsubishi, yang merupakan tenaga pemasaran Mitsubishi dari diler di Malang, Jawa Timur.

Dalam salah satu postingan-nya, ditampilkan bagian belakang mobil lengkap dengan emblem bertuliskan ”Xpander”. Namun, beberapa hari kemudian, postingan ini tak lagi ditemukan.

Bahkan banyak juga bocoran dari brosur, menyatakan sejumlah informasi, termasuk besaran tenaga dan torsi, serta varian lengkapnya.

Salah satu tenaga penjual dari diler Mitsubishi di Jakarta Timur pun menegaskan kepada KompasOtomotif, (4/8/2017), bahwa nama asli memang Xpander, dan saat ini aktivitas pemasaran mulai dilakukan meski belum mendapat instruksi langsung.

”Peminat sudah bisa melakukan booking dengan menyerahkan tanda jadi. Otomatis sudah masuk di dalam antrean,” ucap sang wiraniaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com