Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Proses Perakitan BMW Seri 5 di Sunter

Kompas.com - 02/08/2017, 17:11 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan model baru sedan bisnis All-new BMW Seri 5 di Indonesia, diikuti dengan merakit lokal salah satu varian, 530i Luxury Line, di fasilitas BMW Production Network, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Berselang 20 hari sejak meluncur pada 12 Juli 2017 lalu, BMW Indonesia memberikan kesempatan rekan media untuk melihat proses produksinya. Ary Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor mengatakan, kalau perakitannya sudah memenuhi standar kualitas yang dipatok BMW.

“Kami memastikan seluruh model BMW yang dirakit di Indonesia, memiliki kualitas tinggi, sama dengan BMW yang dirakit di seluruh belahan dunia,” ujar Ary, Rabu (2/8/2017).

Sembari berkeliling pabrik, Ary menjelasakan beberapa tahapan yang dilalui, sampai All-New BMW Seri 5 ini sampai ke tangan konsumen. Pertama kali dimulai dengan proses yang disebut Trimming.

Proses pemasangan kaca BMW Seri 5 lokal.Ghulam/KompasOtomotif Proses pemasangan kaca BMW Seri 5 lokal.

“Proses ini dimulai dengan pemasangan bagian-bagian pada interior mobil, khusunya komponen di bawah karpet, dan di balik trim. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan kaca mobil, yang hanya dilakukan oleh karyawan yang punya keahlian khusus,” ucap Ary.

Tahap selanjutnya, kata Ary, unit mobil rakitan masuk ke proses under body, di mana semua pengerjaan bagian bawah mobil dilakukan di sini. Mulai dari mesin, transmisi, axel, suspensi, roda dan beberapa komponen lainnya.

“Setelah melalui jalur ini, BMW masuk sesi finalisasi, mulai dari memasukkan software sampai penempelan emblem atau logo BMW. Baru kemudian masuk ke tahap final quality gate dan inspection,” tutur Ary.

“Semua yang ada di final quality gate itu kami cek ulang semua spesifikasinya. Baru setelah itu kami test road, baru masuk ke finishing dan siap delivery ke pihak BMW-nya,” ucap Ary.

Pabrik perakitan Gaya Motor sanggup menghasilknya BMW Seri 5 sebanyak 12 unit dalam satu hari, dengan lama pengerjaan setiap satu unitnya selama dua setengah hari. Namun dengan catatan, operasi pabrik hanya satu shift saja.

Pemasangan kaki-kaki di tahapan under body.Ghulam/KompasOtomotif Pemasangan kaki-kaki di tahapan under body.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com