Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Yakin Segel “Jam Jar” Jamin Keaslian Oli

Kompas.com - 02/08/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beredarnya produk pelumas imitasi di pasaran, membuat produsen pelumas Shell ambil langkah serius. Mereka mulai mengaplikasikan teknologi segel "Jam Jar" di kemasan produk pelumasnya.

Edward Satrio, VP Consumer Brand Helix & Advance PT Shell Indonesia mengatakan, ini diaplikasikan untuk menjamin pelanggan akan keaslian produk yang dibeli. Di kemasan tersebut juga ada QR Code, yang terhubung dengan Shell Anti Counterfeit System, yang akan langsung memastikan produk pelumas tersebut asli.

“Masih banyak konsumen yang menyerahkan  urusan penggantian pelumas kepada mekanik. Kami sarankan agar konsumen memastikan sendiri produk yang dibeli adalah asli. Produk pelumas Shell bisa didapat di distributor resmi, SPBU Shell, bengkel-bengkel dan toko-toko retail yang terpercaya," ucap pria yang akra disapa Edo, Selasa (1/8/2017).

Edo melanjutkan, kalau produk dengan segel tersebut sudah beredar sejak tiga bulan lalu. Setidaknya sampai saat ini ada sekitar 80 persen lebih kemasan, yang sudah mengadopsi konsep tersebut.

Shofwatuzzaki , Shell Lubricants Techical Advisor Indonesia menambahkan, kalau penggunaan pelumas palsu dapat mengakibatkan kerusakan mesin kendaraan, untuk jangka pendek dan jangka panjang. Beberapa kosumen Shell bahkan sudah pernah ada yang mengalaminya.

“Mereka (salah satu kosumen Shell) membeli pelumas di tempat yang salah, di mana isinya adalah pelumas tidak asli Shell. Jika begitu maka kerugian yang akan dirasakan,” ujar Shofwatuzzaki. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com