Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neo Scrambler Kamuflase CBR250RR Versi "Telanjang" (Video)

Kompas.com - 15/07/2017, 07:41 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif - All New Honda CBR250RR aslinya hadir sebagai sepeda motor bergenre sport dengan desain yang kental aurta agresif. Namun sensasi tampilan itu sirna seketika saat dirombak oleh Budi Setiawan dari Gadang Cycle asal Malang, Jawa Timur.

Dengan penuh percaya diri, pria yang juga merupakan jawaran di kelas Free for All Honda Modif Contest 2016 ini nekat mengubah kodrat CBR250RR menjadi sebuah Neo Scrambler. Cukup lari dari pakem sebuah motor sport yang awalnya berjubah futuristik.

Baca : Honda CBR250RR Format Masa Depan (Video)

Meski salah kodrat, namun proses pengerjaan CBR250RR dalam Honda Dream Ride Project (HDRP) 2017 ini terbilang tetap konsisten. Rombakannya teratur untuk semua kustom yang dikerjakan dalam waktu tiga bulan.

Kaki-kaki, setang, knalpot, dan jok dirombak habis mengikuti konsep Scrambler modernStanly/KompasOtomotif Kaki-kaki, setang, knalpot, dan jok dirombak habis mengikuti konsep Scrambler modern

"Dari awal memang sudah suka Scrambler, jadi sebelum bongkar motor sudah ada konsepnya. Proses pengerjaan juga dibimbing Kaichiro Kurosu dari Jepang," ucap Budi saat berbincang singkat di Yogyakarta, Senin (10/7/2017).

Pemilihan konsep yang dilakukan Budi mengambarkan "alter ego" atau bentuk kepribadian lain dari CBR250RR. Bahkan secara tidak langsung, menjadi gambaran bagi CBR250RR versi naked alias tanpa fairing.

Jok single seater dan buntut belakang dibuat segari dengan knalpot kustomStanly/KompasOtomotif Jok single seater dan buntut belakang dibuat segari dengan knalpot kustom

Bisa diperhatikan sendiri, tidak ada satu pun fairing yang dipertahankan, seluruh sektor mesin, depan, dan belakang sudah ditelanjangi habis-habisan. Menariknya, meski harus tetap menggunakan tangki bawaan pabrik, tapi Budi bisa meracik paduan yang pas pada jok dan buntut belakang, bahkan dengan bertahanya tangki ustru makin menegaskan kesan modern dari konsep Neo Scrambler.

"Scrambler itu enak buat adventure, bisa di aspal dan tanah. Kaki-kaki juga sekalian kita rapihkan. Selam pengerjaan paling sulit itu soal waktu. Karena mepet jadi hasilnya untuk saya sendiri belum maksimal, harusnya bisa lebih dari yang sekarang," papar Budi.

Kental nuansa naked bike CBR250RRStanly/KompasOtomotif Kental nuansa naked bike CBR250RR
Baca : Alasan AHM Jadikan CBR250RR Proyek Modifikasi

Untuk urusan kaki-kaki, pada bagian belakang budi merangkai sendiri lengan ayun menggunakan seamless. Sedangkan suspensi depan tetap menggunakan upside down asli bawaan CBR yang sudutnya sedikit direnggangkan, sementara knalpot juga dibuat melingkar ke atas khas Scrambler.

Data Modifikasi

Ban Depan              : Shinko Trial Bike 2.50 .18
Ban Belakang          : Shinko Trial Bike 2.50 .18
Velg Depan             : TK 2.50
Velg Belakang         : TK 2.50
Tromol                    : Custom
Head Lamp              : Day Maker 4.5
Spidometer              : Koso Classic
Stang                       : Trial Small
Master Rem              : Ater Market
Kopling Hidrolis        : Ater Market
Tail Light Led            : Custom
Bodi Fiberglass          : Custom
Swing Arm                 : Custom
Footstep                    : Custom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com