Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR250RR Format Masa Depan (Video)

Kompas.com - 13/07/2017, 07:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif - Secara desain, All New Honda CBR250RR tidak hanya kental dengan aura sporty, tapi juga futuristik. Tapi dalam kenyataanya, hal tersebut dirasa kurang oleh Peterson Rivai dari Zone Modified Bandung.

Baca : Bukti Trio Modifikasi CBR250RR Bukan "Barang Pajangan"

Berbekal keinginan membuat CBR250RR lebih terlihat canggih, Peterson akhirnya memilih konsep Future Sport Bike dalam mengerjakan tantangan Honda Dream Ride Project (HDRP) 2017. Hasilnya pun sudah bisa dilihat sendiri, secara tampilan CBR250RR menjelma layaknya sepeda motor sport masa depan.

Pengalaman menggarap kustom yang mencerminkan masa depan memang bukan mainan baru bagi Peterson. Secara tantangan, ia justru lebih dipusingkan ke masalah waktu pengerjaan.

Modifikasi All New Honda CBR250RR Future Sport Bike dalam ajang Honda Dream Ride Project 2017Stanly/KompasOtomotif Modifikasi All New Honda CBR250RR Future Sport Bike dalam ajang Honda Dream Ride Project 2017

"Emang suka dengan tema futuristik, dan rasanya pas dituangkan pada CBR250RR. Kalau diperhatikan secara desain sebenarnya masih tetap kuat ciri aslinya, karena tangki tidak diubah, buntut belakang juga dibuat sama," ucap Peterson saat berbincang di Yogyakarta, Senin (10/7/2017).

Rancang bangun yang dilakukan memang tidak meninggalkan jejak asli dari CBR250RR. Ibaratnya, ia hanya memberikan jubah baru dalam bentuk dan tampilan yang lebih futuristik.

Meski masih mempertahankan ciri khas utama, namun ide yang dituangkan Peterson cukup bervariasi. Fairing bawaan pabrik diubah menjadi lebih slim, bahkan beberapa bagian yang tadinya terbuka kini sudah tertutup rapih.

Seluruh ekterior kaya dengan sentuhan ulang konsep futuristik.Stanly/KompasOtomotif Seluruh ekterior kaya dengan sentuhan ulang konsep futuristik.

Menariknya, sarang panel instrumen kini diganti dengan sebuah layar LCD. Fungsinya tentu bukan untuk menonton film, melainkan berguna melihat kondisi belakang layaknya rear parking camera pada mobil.

Suspensi upside down asli diganti menggunakan girder yang juga dikreasi ulang demi menyesuaikan kebutuhan. Agar aroma modern makin kental, ia juga memasang air suspension yang membuat jarak groundclearance bisa berteman dengan aspal saat sedang parkir.

Baca : Suka Duka Trio "Builder" Menggarap CBR250RR

Modifikasi All New Honda CBR250RR bergaya Future Sport BikeStanly/KompasOtomotif Modifikasi All New Honda CBR250RR bergaya Future Sport Bike
"Orang yang nggak tahu biasanya anggap nih motor terlalu ceper, padahal bisa ditinggikan dengan air suspension. Supaya mudah, pengaturannya saya letakan tepat di atas segitiga atas," ucap Peterson.

Penyematan fairing baru ternyata bukan hanya sekadar sebagai pemanis tampilan. Di dalam fairing, Peterson memberikan sebuah pola dengan yang diberikan LED dengan pancaran sinar biru, menarik saat melihatnya menyala di malam hari. Sedikit mirip dengan motor futuristik di film "Tron".

Untuk lebih detail, simak video berikut ;

Data Modifikasi :

Ban depan                    : Pirelli 120/70-17
Ban belakang                : Pirelli 150/70-17
Front rim                      : Custom
Rear rim                       : Custom
Girder                           : Custom
Front shock                   : Phenumatic Festo Custom
Rear shock                    : Phenumatic Festo Custom
Front Selenoid               : Airtac
Rear Selenoid                : Airtac
Compresor                    : SMC
Air Suspension line        : SMC
Naple airsuspension       : SMC
Full Body                        : Fiber Custom
Body light                       : Led Custom
Headlamp                       : Projector custom
Stoplamp                        : Infinity led custom
Muffler                            : Custom
Handle Brake+Front Blinker            : Custom
Master brake                   : KRS
Master clutch                   : KRS
Front caliper                    : Brembo
Discplate                         : Buell custom
Front Brake Line               : TDR
Rear caliper                      : Nissin
Mirror                               : CCTV + LCD
Sitter                                 : Custom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com