Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Mau Bangkit di Indonesia

Kompas.com - 10/02/2017, 09:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Merek asal Malaysia, Proton, kembali mencoba peruntungan di pasar otomotif roda empat Tanah Air dengan model pertama tahun ini, Iriz. Mobil kota ini diharapkan bakal dibanderol di bawah Rp 200 juta.

Shahidin Sahamid, Regional Head ASEAN, International Sales Division Proton Holding mengatakan, bukan hanya itu, mengikuti setelahnya akan ada dua model baru lagi yang rencananya akan diluncukan. Keduanya merupakan produk eksisting yang sudah pernah dipasarkan di Indonesia.

“Iya ini baru sekedar permulaannya, selepas ini ada lagi dua model baru yang akan dihadirkan, yaitu model Persona dan Saga, pada tahun ini juga. Sampai saat ini kami masih lihat dulu bagaimana penerimaan Iriz di Indonesia,” ujar Shahidin, Kamis (9/2/2017).

Purna Jual

Shahidin menambahkan, terkait ketersediaan jaringan dan layanan purna jual, sebagai jaminan kepada konsumen dan bisa jadi perangsang penjualan, jumlahnya bakal diperbanyak. Kemudian stok suku cadang, khususnya untuk Iriz bakal terus ditambahkan.

“Sekarang ini total seluruh Indonesia ada 24 showroom, mulai dari fasilitas 1S (sales), 2S (sales, service), dan 3S (sales, service, spare parts). Mau barapa lagi? Kalau jualan baik, 1.000 diler pun saya buat,” ujar Shahidin.

Terkait dengan pertumbuhan bisnisnya di 2017 di Indonesia, proton masih belum mau membicarakannya, begitu juga dengan target penjualannya. Dari data wholesales  Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pencapaiannya 589 unit, melonjak naik 167,7 persen, sebelumnya dari 220 unit di 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com