Fungsi Lain Pakai Stiker Bodi Selain buat Gaya - Kompas.com

Fungsi Lain Pakai Stiker Bodi Selain buat Gaya

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 30/11/2016, 11:42 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan March ditutupi stiker bercorak air dengan konsep "Nature" dalam tema "Paradiso".

Jakarta, KompasOtomotif — Bukan hal aneh jika melapisi bodi mobil dengan stiker merupakan salah satu modifikasi favorit. Pasalnya, cara ini tergolong mudah dilakukan dan cepat menghasilkan perubahan drastis pada penampilan.

Kendati begitu, stiker di bodi mobil sebenarnya punya fungsi lain yang berguna lebih dari sekadar gaya, yaitu melindungi cat. Seperti dikatakan Galih Sugiyanto dari Pacman Sticker, material stiker lebih kuat menerima "luka" ketimbang cat.

“Cat itu kan kalau kena lap kasar sedikit saja bisa baret halus, nah pakai stiker bisa mengurangi luka baret,” kata Galih, Kamis (24/11/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian pilar A, atap, dan belakang tidak ditutup stiker.
Jika dipasang dengan benar, stiker yang digunakan membungkus bodi mobil punya umur pemakaian hingga tiga tahun. Cara perawatannya pun sederhana, tidak butuh pantangan ini-itu.

Baca: Cara Mudah Merawat Stiker Bodi Mobil

Dari penjelasan Galih, secara umum ada dua jenis stiker bodi mobil, yaitu doff dan glossy. Salah satu hal penting untuk diketahui, stiker doff memiliki pori-pori jadi rentan rusak jika menyerap cairan kimia dari obat poles bodi. Sementara itu, stiker glossy jangan dipoles pakai mesin sebab bisa merusak lapisannya. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM