Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha MT-25 Jauh Tinggalkan Kawasaki Z250 dan Suzuki Inazuma

Kompas.com - 21/07/2015, 10:28 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pertarungan kelas sepeda motor sport selalu menarik untuk di bahas. Pada semester I 2015 yang baru berakhir Juni lalu, kelas motor sport 250 cc mencuri perhatian dengan riuhnya model yang berebut segmen.

Pada segmen khusus motor tipe naked dihuni oleh Kawasaki Z250, Suzuki Inazuma, dan Yamaha MT-25. Hanya saja persaingan utama terjadi antara Yamaha dan Kawasaki dengan model yang punya karakter mirip, bermesin dua silinder dan turunan dari tipe "sport full fairing" yang sudah lebih dulu diluncurkan ke pasar.

Yamaha sendiri menjadi peserta termuda di segmen sport 250 cc naked di Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncuran MT-25 di Jakarta, awal Juni lalu. Tak tanggung-tanggung, Indonesia langsung menjadi basis produksi sepeda motor ini, sekaligus lokasi peluncuran perdananya di dunia (world premiere).

Hanya perlu waktu satu bulan setelah diluncurkan, penjualan MT-25 langsung melejit. Model terbaru Yamaha ini langsung berhasil melibas jagoan Kawasaki Z250 dan Inazuma di segmen yang sama.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Yamaha MT-25
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada bulan perdana penjualannya, Yamaha MT-250 sudah berhasil terjual 1.389 unit. Jumlah ini jauh melewati Kawasaki Z250 yang baru terjual 766 unit atau Suzuki Inazuma yang cuma laku 98 unit saja.

Hebatnyi, angka penjualan satu bulan MT-250 sudah mengalahkan total penjualan Z250 dan Inazuma selama enam bulan pertama tahun ini. Jika dibandingkan penjualan pada bulan yang sama (Juni 2015), Kawasaki Z250 hanya terjual  17 unit dan Suzuki Inazuma hanya 26 unit.

Memang terlalu pagi untuk mengatakan Yamaha MT-25 berhasil mengalahkan Kawasaki Z250 atau Suzuki Inazuma di pasar, bercermin hasil penjualan sebulan. Pasalnya, penjualan model baru dalam tiga sampai lima bulan pertama cenderung belum stabil dan agen tunggal pemegang merek (ATPM) masih mengisi stok di jaringan diler di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com